• Novi Amaliyah

16 Manfaat Buah Kundur Untuk Kesehatan


Buah kundur atau orang juga ada yang menyebut dengan bligo. Bentuknya lonjong mirip semangka, rasanya mirip seperti mentimun. Buah satu ini biasanya diolah sebagai manisan.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda telah memanfaatkan berbagai khasiat buah satu ini selama ribuan tahun. Di Tiongkok disebut sebagai buah musim dingin winter melon atau ash gourd.


Tanaman dengan nama ilmiah Benincasa hispida ini masih tergolong dalam keluarga Cucurbitaceae atau labu, sama dengan mentimun, melon dan zucchini. Buah ini juga dikenal dengan sebutan labu putih ada juga yang menyebut wax gourd karena permukaan kulit luarnya seperti dilapisi lapisan lilin berwarna putih.

Buah satu ini dapat disimpan selama berbulan-bulan, jadi saat dipanen pada akhir musim panas dan musim gugur, buah kundur bisa dimakan tiga sampai empat bulan kemudian di musim dingin.


Daging buahnya berwarna putih, seperti juga bijinya, dan tidak seperti kebanyakan buah keluarga labu buah satu ini tidak dapat dikonsumsi mentah. Biasanya bagian dagingnya yang berwarna putih dapat dikukus atau direbus dan disajikan sebagai sayuran adalam kebanyakan resep di Asia maupun India. Buah kundur memiliki rasa yang ringan seperti mentimun. Buah satu ini merupakan salah satu sumber antioksidan termasuk flavanoid dan betakaroten di dalamnya,kaya serat makanan, dan vitamin C yang sangat baik. Selain itu buah ini juga memiliki efek yang melembabkan dan rendah kalori. Berikut 16 manfaat buah kundur yang bisa dimanfaatkan seperti baik untuk pencernaan, membantu menurukan berat badan hingga mengurangi inflamsi dan melindungi dari diabetes tipe 2 seperti dilansir dari Healthline.


Kaya Antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa buah kundur kaya akan polifenol, flavonoid, dan antosianin. Karena kandungan, buah labu satu ini merupakan salah satu makanan fungsional yang dapat mengurangi peradangan dan melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Dimana yang juga ditemukan dalam kubis, wortel dan buah-buahan seperti blueberry dan plum. Antioksidan memainkan peran protektif dalam tubuh kita dengan melawan senyawa radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan serius. Mengonsumi buah dan sayuran yang kaya antioksidan membantu mencegah atau menunda kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit. Satu studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology juga menungkapkan bahwa ekstrak dari buah kundur memiliki efek antioksidan, anti-inflamasi dan anti-ulkus.


Rendah Kalori

Labu kundur buah yang rendah kalori dan mengandung banyak serat. Selain itu juga kaya akan kandungan mikronutrien, termasuk vitamin C, vitamin B dan seng. Penelitian menunjukkan jika buah-buahan tinggi serat dapat mengurangi konsumsi kalori dan berat badan dari waktu ke waktu. Menambahkan makanan padat nutrisi dan rendah kalori ke dalam menu sehari-hari adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga berat badan yang sehat dan mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan.


Baik Untuk Pencernaan

Sebagian besar buah kundur terdiri dari air, sehingga memiliki kemampuan menghidrasi dan dapat mendukung pencernaan yang sehat juga. Buah ini juga dianggap sebagai pencahar alami dan diuretik karena kandungan air dan seratnya.


Memiliki Efek Mendinginkan

Seperti kebanyakan sayuran hijau, buah kundur dianggap sebagai makanan yin dalam pengobatan tradisional Tiongkok, yang berarti memiliki sifat menyegarkan. Kundur juga dikenal sebagai buah alkali yang memiliki efek mendinginkan dan menetralkan di dalam tubuh. Ini membantu menyegarkan tubuh, ini karena kemampuannya untuk menenangkan ketidaknyamanan perut dan keluhan pencernaan.


Baik Untuk Kesehatan Jantung

Jumlah potasium yang ditemukan dalam labu kundur ini adalah alasan mengapa sayuran ini sangat bagus untuk jantung. Manfaat kesehatan dari kalium adalah untuk memastikan tidak ada jumlah natrium yang berlebihan yang dapat menyebabkan beberapa kondisi kardiovaskular.


Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah kundur kaya dengan vitamin B2 atau juga dikenal sebagai riboflavin. Senyawa ini adalah penguat penglihatan yang sangat baik dan mencegah kondisi seperti kebutaan di usia lanjut.


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang ditemukan dalam buah kundur membuat labu ini bisa menjadi asupan penambah sistem kekebalan yang sangat baik. Selain itu buah labu satu ini juga merupakan sumber seng yang sangat baik.


Mendorong Regenerasi Sel

Buah kundur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak dalam tahap perkembangan karena mengandung vitamin C dan mineral yang terkandung di dalamnya bagus untuk regenerasi sel serta meningkatkan pertumbuhan tulang yang sehat.


Penambah Energi Alami

Kapan pun merasa seperti kehilangan energi dan membutuhkan penambah energi, labu satu ini bisa menjadi pilihan. Ada beberapa merek minuman yang menggunakan buah satu ini sebagai salah satu bahan bakunya. Ini karena labu ini mengandung vitamin B2 yang menjadi penambah energi yang baik.


Meningkatkan Fungsi Kognitif Konsentrasi tinggi dari beberapa mineral seperti zat besi yang terkandung di dalam buah kundur ini dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Manfaat kesehatan dari zat besi adalah mengoptimalkan produksi RDC yang penting untuk distribusi oksigen yang optimal untuk mencegah oksidasi sel yang dapat menyebabkan masalah kognitif. Detoks Tubuh Secara tradisional, buah kundur dikenal sebagai sayuran yang digunakan untuk diuretik. Peningkatan buang air kecil dapat digunakan sebagai pengobatan untuk detoksifikasi tubuh dari racun. Hasilnya ginjal akan dibersihkan dan hati bisa bekerja secara maksimal. Mencegah Pilek dan Flu Tidak ada cara mudah untuk mengatasi pilek dan flu meskipun kondisi ini dianggap sebagai kondisi umum. Namun, lebih baik mencegah daripada menanganinya. Mengkonsumsi labu putih secara teratur dapat membantu mencegah pilek dan flu dengan mengoptimalkan sistem kekebalan.

Mengobati Migrain Cara paling efektif untuk mengobati migrain adalah dengan mengonsumsi makanan atau sayuran yang kaya akan vitamin B2. Asupan vitamin B2 akan mengurangi gejala migrain secara signifikan. Obat Rumahan untuk Keracunan Makanan Di Sri Lanka, secara tradisional orang mengonsumsi buah kundur untuk mengobati keracunan makanan yang dapat menyebabkan diare. Hal ini erat kaitannya dengan tingginya konsentrasi serat yang terdapat pada sayuran ini. Serat larut akan menyerap air dan menghentikan diare sementara sifat anti-bakteri akan membantu membunuh akar masalah. Mengobati Gangguan Saraf Buah kundur adalah salah satu tanaman yang digunakan dalam praktek pengobatan Ayurveda. Sejak zaman kuno, labu putih telah digunakan untuk mengobati gangguan saraf, seperti epilepsi. Padahal, penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan untuk membuktikan efektivitas pengobatan untuk mendukung klaim tersebut. Meningkatkan Kesehatan Kulit Di Cina, labu kundur digunakan untuk perawatan kulit. Faktanya karena buah labu satu ini dapat mengoptimalkan regenerasi sel termasuk sel-sel kulit adalah alasan mengapa sayuran ini sangat baik untuk perawatan anti-penuaan dan anti-kerut untuk kulit yang lebih muda dan sehat. Foto: Dok.Pinterest