• Novi Amaliyah

17 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan


terong belanda (tamarillo)
Terong Belanda, buah yang punya banyak manfaat untuk kesehatan

Buah dan sayuran telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita dan penting untuk menjaga kesehatan tubuh juga pikiran. Saat ini masyarakat lebih memperhatikan apa yang mereka konsumsi dan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran dan buah telah menjadi bagian hidup. Apalagi dikala pandemi seperti sekarang ini, anjuran untuk mengonsumsi buah dan sayur untuk menambah imunitas tubuh.


Ada banyak sekali jenis buah dan sayur yang dapat memberikan nutrisi bagi tubuh dan memberikan manfaat. Studi menemukan bahwa mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dapat mencegah dari penyakit serius termasuk penyakit jantung, kanker dan diabetes.


Salah satu buah yang mungkin tidak terlalu populer seperti terong belanda, bagi beberapa orang mungkin tidaklah cukup menarik, dengan citarasa yang masam, aroma yang khas serta sedikit getir. Terong Belanda atau dikenal dengan Tamarillo atau sebagian orang juga menyebutnya dengan tomatotillo. Tamarillo atau Cyphomandra Betacea disebut juga sebagai tomat pohon karena buahnya yang mirip tomat.


Ada dua jenis Tamarillo, yaitu warna yaitu merah dan kuning. Tamarillo merah lebih populer daripada yang kuning. Tamarillo memiliki bentuk telur dengan daging kuning-oranye dan biji hitam yang dikelilingi oleh gellatin ungu. Warna merah pada tamarillo disebabkan oleh adanya pigmen yang disebut antosianin sedangkan warna kuning berasal dari pigmen karotenoid. Tanaman ini memiliki masa hidup pendek dan memiliki bunga yang harum dengan banyak warna. Nama tamarillo Selandia Baru pada tahun 1967. Belakangan orang mengenal tamarillo sebagai buah tropis yang tumbuh di sebagian besar negara beriklim tropis. Tanaman tamarillo sebenarnya berasal dari Amerika Selatan, Chili, ekuador dan Peru. Tanaman ini juga banyak tumbuh di sebagian besar wilayah India.


Biasanya tanaman ini akan berbuah selama bulan Mei hingga Oktober namun juga tumbuh di cuaca dingin. Buah terong belanda juga ditemukan tumbuh di Hawaii dan tanaman tersebut dapat tumbuh hingga berumur 15 tahun di sana. Butuh waktu sekitar 25 minggu untuk buah ini matang setelah tumbuh dari bunga. Untuk mencapai kematangan setelah tumbuh dari bunga. Dalam 20 tandan bunga, hanya akan ada 4 sampai 5 buah yang akan tumbuh dan mencapai kematangan. Saat ini new zeland adalah negara utama penghasil buah tamarillo atau teong Belanda terbanyak yang tersebar ke seluruh dunia.

Buah terong belanda merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik seperti Vitamin A, C dan provitamin A dan mereka juga tinggi Kalsium, Besi, Kalium, Fosfor dan Magnesium. Dan dari penelitian ternyata buah satu ini kaya akan nutrisi, terong belanda memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Komponen utama buah terong belanda bermanfaat karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Berikut 17 manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan mengonsumsi terong belanda.


Meningkatkan pencernaan

Terong Belanda mengandung serat makanan tinggi yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Mengkonsumsi terong belanda secara teratur dapat membantu melancarkan buang air besar dan meningkatkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh.


Meringankan sembelit

Serat pada terong belanda tidak hanya dapat melancarkan pencernaan tetapi juga dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman akibat proses buang air besar yang sulit. Kandungan serat dalam terong belanda dapat meningkatkan massa lambung dan melembutkannya. Ini akan membuat tinja lebih mudah melewati usus besar atau usus besar.


Mencegah kanker

Terong Belanda mengandung antioksidan tingkat tinggi yang dapat melindungi tubuh dari berkembangnya hampir semua jenis kanker. Total antioksidan pada terong belanda berdasarkan nilai ORAC adalah 1659 per 100 gr terong segar. Antioksidan utama dalam tamarillo adalah pigmen athocyanin, poplyphenolic, flavonoid dan asam klorogenat. Antioksidan tersebut melindungi seluruh sel tubuh dari segala kerusakan yang disebabkan oleh infeksi radikal bebas yang mengarah pada mutasi DNA. Kerusakan DNA merupakan awal dari perkembangan sel kanker.


Mencegah diabetes

Terong Belanda mengandung serat yang dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh dan juga merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah yang tidak menyebabkan kenaikan gula darah. Terong Belanda juga mengandung asam klorogenat yang berperan penting dalam menunda timbulnya diabetes dan meningkatkan sensitivitas insulin. Mengkonsumsi tamarillo secara signifikan dapat membantu mencegah perkembangan diabetes terutama diabetes tipe 2.


Meningkatkan penglihatan

Terong Belanda adalah sumber karatenoid dan vitamin A yang sangat baik. Mereka dapat melindungi mata dari segala kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal atau internal. Vitamin A pada terong juga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan penglihatan, juga mencegah mata dari katarak dan mencegah penuaan pada mata yang disebut degenerasi makula.


Meningkatkan metabolisme

Tamarillo mengandung berbagai vitamin B kompleks yang penting dalam menjaga metabolisme yang sehat. Vitamin B kompleks adalah kunci dari beberapa enzim metabolisme yang dapat meningkatkan produksi energi untuk menyediakan sel-sel tubuh dengan energi yang cukup.


Menurunkan tekanan darah

Dalam 100 gr buah terong belanda kita bisa mendapatkan 321 mg potasium. Jumlah potasium ini dapat membantu menjaga detak jantung dan tekanan darah normal. Hal ini membuat tamarillo menjadi makanan ringan yang bagus untuk pasien hipertensi.


Mencegah anemia

Terong Belanda dilengkapi dengan zat besi dan dapat mencegah tubuh dari perkembangan anemia karena merupakan mineral utama yang merupakan bagian dari sel darah merah. . Anemia merupakan kondisi tubuh yang dapat menyebabkan kelemahan dan berbagai masalah kesehatan manusia. Anemia terjadi karena kurangnya sel darah merah yang bertanggung jawab dalam mentransfer oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.


Menjaga kesehatan kulit

Karena kandungan vitamin C yang tinggi, buah satu ini dapat membantu menjaga kulit tetap kencang, kencang, cerah dan awet muda. Siapa yang tidak ingin mendapatkan keuntungan ini? Dengan mengkonsumsi terong belanda secara rutin bukan tidak mungkin untuk mendapatkan kecantikan kulit. Selain itu buah ini juga dikemas dengan vitamin E yang penting dalam menjaga elastisitas kulit. Baik vitamin C dan vitamin E dapat meningkatkan produksi kolagen dalam jaringan kulit dan kolagen dikenal sebagai zat untuk melawan penuaan.


Membantu menurunkan berat badan

Tamarillo adalah makanan rendah kalori yang akan menjadi camilan enak selama periode diet Anda. Ini juga tinggi serat makanan yang ingin memotong sel lemak dalam tubuh. Anda bisa langsung memakan buahnya mentah-mentah atau menjadikannya sebagai jus untuk mendapatkan manfaat ini.


Mengobati tonsililis (Radang Amandel)

Tonsilitis adalah gangguan yang menyerang kelenjar getah bening atau tonsil di dalam mulut. Tonsilitis terjadi karena peradangan yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi bakteri atau gangguan kelenjar getah bening itu sendiri. Orang Kolombia percaya bahwa terong belanda dapat digunakan untuk mengobati radang amandel.


Menurunkan kolesterol

Manfaat Kesehatan Buah terong belanda juga merupakan pilihan terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol. Terong belanda mengandung serat yang dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar lemak jahat atau kolesterol dalam tubuh.


Mencegah aterosklerosis

Karena terong belanda dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh sehingga buah satu ini juga dapat memberikan manfaat dalam melindungi lapisan arteri dari berkembangnya plak atau agregasi yang dapat menyebabkan penebalan arteri atau aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung.


Mencegah penyakit jantung

Menurunkan kolesterol, mencegah ateroskleoris, menurunkan tekanan darah, paket ini menjadikan terong sebagai salah satu makanan yang baik untuk menjaga kesehatan fungsi jantung. Terong belanda juga mengandung potasium dan mangan yang penting untuk menjaga detak dan ritme jantung yang normal.


Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Semua kandungan antioksidan dan nutrisi terong belanda dapat sedikit meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tamarillo juga mengandung vitamin C yang hampir sama dengan jeruk dan vitamin C yang dikenal sebagai penambah kekebalan tubuh. Vitamin C dapat melindungi sel-sel kekebalan dan memperkuatnya untuk melawan penyakit atau infeksi mikroorganisme.


Meremajakan sel-sel dalam organ

Terong belanda mengandung protein dan asam amino yang dapat mendorong peremajaan sel tubuh atau produksi sel baru. Hal ini akan sangat membantu dalam memperbaiki segala kerusakan yang terjadi pada tubuh termasuk mempercepat penyembuhan luka pada area kulit.


Mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson

Baik penyakit alzheimer maupun parkinson adalah gangguan yang disebabkan oleh kerusakan pada otak dan menyebabkan hilangnya daya ingat dan melumpuhkan tubuh. Terong belanda mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan menjaga kesehatan fungsi saraf di dalam otak.