top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

2 Kreasi Unik Hidangan Sky View yang Dikolaborasikan dengan Kopi

Sky View Coffee & Eatery atau yang lebih dikenal dengan nama Sky View menawarkan lokasi apik dengan pemandangan super indah. Kafe yang menjadi bagian dari Kampoeng Kopi Banaran ini menjadikan minuman kopi sebagai menu unggulannya. Yang tentunya juga diramaikan dengan berbagai pilihan menu yang lengkap mulai dari camilan hingga menu berat lainnya.


Dari sekian banyak makanan yang ditawarkan, Nasi Goreng Kopi dan Grilled Chicken with Barbeque Coffee Sauce jadi hidangan unggulannya. Sesuai dengan namanya, kedua menu unggulan itu menjadikan kopi sebagai salah satu bahan utamanya yang dikreasikan dengan berbagai bahan lainnya. Bubuk kopi yang digunakan merupakan kopi asli dari Kampoeng Kopi Banaran. Kopinya merupakan house blend yang memadukan kopi Arabica dan Robusta dengan perbandingan 50:50 yang sudah disangrai.


Nasi Goreng Kopi

Nasi Goreng Kopi jadi menu unggulan Sky View dan paling banyak dipesan oleh setiap pengunjung yang datang. Menu satu ini berupa olahan nasi goreng yang dikolaborasikan dengan tambahan bubuk kopi. Mirip dengan nasi goreng pada umumnya, Nasi Goreng Kopi ini terbuat dari nasi putih yang digoreng dengan bumbu khas nasi goreng, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan garam. Yang membuat menu ini terasa unik dan berbeda adalah dengan menambahkan bubuk kopi ke dalam racikan bumbunya.


Tak hanya terasa unik, Nasi Goreng Kopi seharga Rp 31.000,- ini juga dihadirkan dengan tampilan yang begitu cantik. Olahan nasi yang digoreng bersama bumbu dan bubuk kopi itu pun dibungkus dalam telur dadar atau omelet, lalu disajikan bersama dengan saus dan coleslaw. Saat menyantap menu satu ini, kita akan merasakan sensasi unik dari tekstur si nasi goreng yang berwarna gelap ini. Yakni ada sensasi 'ngeres' saat mengunyahnya yang itu berasal dari penggunaan si kopi bubuk.


Menu Grilled Chicken with Barbeque Coffee Sauce juga tak kalah unik. Menu satu ini berupa olahan ayam bakar yang disajikan dengan saus spesial. Sausnya perpaduan dari barbeque yang juga menggunakan tambahan kopi sebagai salah satu bahannya. Saus berwarna coklat gelap itu pun menjadi penambah citarasa dari ayam bakar yang juga disandingkan dengan kentang goreng dan coleslaw. Saat menyantap ayam bakar dan sausnya, perpaduan rasa khas saus barbeque yang smokey dengan mocca pun akan langsung terasa di lidah. Menu ini ditawarkan dengan harga Rp 35.000,- per porsinya.



"Kopi yang dipakai adalah kopi yang sudah disangrai. Kopinya harus fresh, karena kalau sudah disangrai itu kopi nggak bisa terlalu lama. Kalau terlalu lama di suhu ruangan, maka rasa berubah dan aroma kopinya akan hilang. Untuk kopinya adalah robusta dan arabica blend, kita main di 50:50. Tujuannya adalah beberapa konsumen kita kan ada yang tidak begitu cocok dengan kopi, tapi dengan blend itu jadi bisa masuk ke mereka. Nah kalau untuk rasanya, Nasi Goreng Kopi itu ada rasa pahit-pahitnya, sedangkan untuk Grilled Chicken with Barbeque Coffee Sauce ini cenderung ke mocha jadi agak manis," terang Marsetyo Leonardo selaku F&B and Hospitality Service Manager Kampoeng Kopi Banaran.


Menghadirkan sajian unik yang tidak akan ditemukan di tempat lainnya, Sky View juga menawarkan pemandangan alam yang begitu indah. Pengunjung yang datang ke tempat ini akan dimanjakan dengan pemandangan alam berupa hamparan perkebunan kopi sekaligus Rawa Pening dengan latar gunung-gunung dan perbukitan. Berkapasitas hingga 250 tempat duduk, Sky View buka setiap hari antara jam 10.00 - 21.00 WIB.


Sky View Coffee & Eatery

Kampoeng Kopi Banaran, Jl. Raya Bawen - Solo KM. 1,5, Semarang, Jawa Tengah

08112721770

bottom of page