© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

3 Kudapan Manis Khas Betawi Hanya Di Starbucks Community Store Tanah Abang


Ingin menikmati kudapan manis bercitarasa Betawi ala Starbucks? Kini kamu bisa menikmati beberapa kudapan manis populer khas Betawi yang hadir dengan citarasa ala Starbucks hanya di gerai Starbucks Community Store Tanah Abang. Meski saat ini Tanah Abang dikenal sebagai pusat grosir tekstil di Asia Tenggara, sejak dulu Tanah Abang dikenal dengan macetnya, sumpek, panas, area pemukiman padat penduduk bahkan juga dengan preman.


Karena keunikan lokasi Tanah Abang inilah Starbucks memilih tempat ini sebagai community store pertama di Indonesia. Butuh 10 tahun hingga akhirnya mereka membuka gerai Starbucks Community Store di Tanah Abang. “Sejak membuka gerai pertama Starbucks di Indonesia, kami memiliki rencana jangka panjang untuk terus memberikan dampak sosial yang positif di Indonesia, meningkatkan keterlibatan di tengah masyarakat,” jelas Anthony Cottan, direktur PT Sari Coffee Indonesia.


Berbeda dengan gerai Starbucks yang sudah ada sebelumnya, Starbucks Community Store ini merupakan Community Store pertama di Indonesia. Dimana di gerai ini, Starbucks memberikan kesempatan kepada para partner (karyawan Starbucks) yang berasal dari Tanah Abang untuk berkontribusi kepada lingkungan tempat mereka bertumbuh. Selain itu sebagian hasil dari gerai ini akan diberikan kepada dua Lembaga Swadaya Masyarakat untuk menciptakan kesempatan bagi anak-anak yang kurang beruntung di lingkungan Tanah Abang dalam memperoleh edukasi.


Untuk itu Starbucks bermitra dengan dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yaitu Yayasan Komunitas Sahabat Anak dan Indonesian Street Children Organization (ISCO), untuk menciptakan lebih banyak kesempatan untuk memperoleh edukasi bagi anak-anak di Tanah Abang yang juga merupakan generasi penerus bangsa. Gerai ini juga akan mendonasikan sebagian dari penjualannya kepada kedua LSM tersebut. Sehingga secara tidak langsung, pelanggan bisa turut serta dalam mendanai beasiswa untuk sebagian anak-anak Tanah Abang yang kurang beruntung, serta menunjang program belajar-mengajar (bimbel) reguler kedua LSM. Khusus di lantai 4 Starbucks Community Store disediakan area yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan edukasi anak-anak binaan dari kedua LSM maupun pengunjung.


Selain itu yang membedakan gerai Starbucks Community Store Tanah Abang ini berbeda adalah makanannya. Ada tiga tudapan manis khas Betawi yang hanya ada di gerai ini dan tidak ada digerai Starbucks lainnya. Di sini kamu bisa mencoba Sarang Semut Cheese Cake dimana cake sarang semut yang khas dengan teksturnya mirip bingka Ambon, namun dengan citarasa brown sugar yang berpadu dengan lapisan gurih cheese cake serta topping sugar caramel dari gula pasir yang dibakar seperti pada pembuatan cream brulee.


Kemudian ada Gambang Cake, cake ini terinspirasi dari roti gambang yang merupakan salah satu roti klasik khas Betawi. Bedanya tekstur Gambang Cake di Starbucks lebih lembut dan empuk. Aroma rempah khas roti Gambang seperti jahe dan bumbu spekuk. Ada juga Selendang Mayang Pudding dimana pudding susu berlapis dengan citarasa strawberry dan pandan. Selain kudapan manis, ada minuman khas yang diciptakan khusus untuk gerai Starbucks Community Store yaitu Betawi Latte. Minuman ini terinspirasi dari citarasa minuman khas Betawi, Bir Pletok. Paduan kopi, jahe, rempah dan susu. Ada sensasi hangat di kerongkongan setelah menyesap minuman satu ini, rasanya secangkir Betawi Latte hangat akan jadi pilihan tepat di musim penghujan seperti sekarang ini. Selain hangat minuman ini juga bisa dinikmati dingin.