© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

321 Pusat Perbelanjaan di Indonesia Siap Ikuti WICSF 2019

WICSF 2019, Festival Kuliner dan Wisata Belanja siap digelar. Gelaran yang termasuk dalam salah satu kalender event tahunan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia ini merupakan gelaran yang ke-4 kalinya. Event ini akan digelar mulai 27 September - 27 Oktober 2019 di 321 pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia.

Setiap tahunnya, perkembangan industri kuliner dan belanja di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini tak lepas dari peranan media sosial yang terus-menerus menyajikan berbagai konten seputar kuliner dan belanja. Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) sebagai asosiasi yang turut serta memfasilitasi kebutuhan wisata kuliner dan belanja masyarakat kembali ikut terlibat dalam gelaran Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WISCF) ini.

“Ada sekitar 300 lebih pusat perbelanjaan anggota APPBI di seluruh Indonesia yang turut serta dalam gelaran WICSF 2019. Jumlah ini mengalami peningkatan lebih besar dibandingkan tahun lalu yang hanya diikuti sekitar 150 pusat perbelanjaan saja. Nantinya, ada diskon hingga 70% untuk beberapa produk ternama di WICSF 2019. Kami berharap WICSF 2019 dapat menjadi daya tarik baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga ke depannya pusat perbelanjaan juga dapat berperan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia,” jelas A Stefanus Ridwan S, Ketua Umum DPP APPBI. Ia juga menargetkan nilai transaksi hingga Rp 2,5 triliun selama WICSF 2019 ini berlangsung.


WISCF 2019 juga akan menghadirkan beragam kuliner terkenal seperti Nasi Gudeg, Nasi Pedas Bali, Roti Sarikaya khas Pontianak, dan masih banyak lainnya. Kehadiran ragam kuliner Nusantara ini juga tak lepas dari tujuan untuk meningkatkan animo masyarakat serta mengangkat jajanan tradisional Indonesia, khususnya yang dikelola oleh UMKM.



WICSF 2019 juga telah menyiapkan berbagai program kuliner dan belanja menarik. Seperti Dessert Festival, Lesehan Malam, Kuliner Kampung Halaman, Mooncake Festival, Kelas Membatik, Gebyar Batik Nasional, hingga pertunjukan musik yang pastinya dikemas secara apik dan modern. WISCF 2019 juga akan diadakan bersamaan dengan perayaan 10 tahun penetapan Batik Indonesia secara resmi oleh UNESCO. Pembukaan WICSF 2019 akan diadakan pada Jumat, 27 September 2019 di Main Atrium, Pluit Village, Jakarta Utara. Acara tersebut akan dihadiri oleh food blogger, selebritis Ibu Kota, hingga  Indonesian Heritage Cultural Exhibition yang menampilkan berbagai Art, Ethic, Fashion, dan Kerajinan kebudayaan Indonesia. Selain itu untuk memanjakan lidah pengunjung, terdapat area kuliner khas Nusantara Indonesia yang hadir di area Festival Walk, Pluit Village.