• Novi Amaliyah

5 Hidangan yang Mewakili Citarasa Asli Thailand


Makanan Thailand adalah salah satu masakan paling populer di dunia. Mereka yang pernah berkunjung ke Thailand dan menikmati wisata kulinernya pasti akan mengingat tekstur, warna, aroma dan kombinasi rasa otentik Thailand yang khas di lidah. Mungkin kamu ingin menikmati kembali rasa istimewa itu, namun belum benar-benar menemukannya?

Meski beberapa pecinta kuliner mungkin berpendapat bahwa rasa asli otentik hanya dapat ditemukan dari sumbernya,namun ada banyak restoran Thailand yang dapat menyajikan hidangan favorit Thailand. Berikut lima hidangan yang mewakili citarasa otentik Thailand yang populer untuk bisa kamu coba saat berkunjung ke restoran Thailand.



Tom Yum Goong

Hidangan berkuah yang kaya akan rasa ini begitu nikmat saat tersaji panas. Tom Yum Goong sangat identik dengan Thailand, citarasanya begitu menggetarkan dan membuat siapapun yang sudah pernah mencobanya akan langsung jatuh cinta dengan berbagai rasa yang dihadirkan, khususnya untuk pecinta rasa asam dan pedas. Bahan utama yang memberikan rasa dan aroma ini adalah serai, lengkuas, daun jeruk purut, cabai, bawang merah, dan saus ikan. Temukan perpaduan aroma, kekayaan citarasa yang istimewa di lidah serta keseimbangan rasa serta kelezatan otentik Tom Yum Goong


Thai Green Curry

Tampilan pertama yang paling dikenali dari sajian ini adalah warna hijau alaminya yang cantik dan menggugah selera. Warna hijaunya terbuat dari cabai hijau, yang memiliki citarasa kari gurih dengan aroma rempah memikat. Thai Green Curry menggabungkan rasa kaldu dengan bahan isian yang biasanya menjadikan daging ayam sebagai isiannya. Kunci kelezatan menu ini terletak pada pasta kari yang memadukan bawang putih, bawang merah, lengkuas, akar daun ketumbar yang ditumbuk, serai, jinten, dan biji ketumbar, serta tambahan pasta udang yang dicampur menjadi satu. Rebus air, kemudian tambahkan pasta kari dan daging atau bahan vegan sesuai selera. Masak hingga empuk. Sentuhan terakhirnya bisa ditambahkan gula serta santan kental. Ciri khas Thai Green Curry adalah citarasanya yang hangat, gurih dan lembut, kuahnya pedas manis, serta potongan daging empuk.


Pad Thai

Pad Thai mungkin menjadi salah satu hidangan yang paling populer di kalangan orang Australia dan makanan pokok food street di Thailand. Sajian berupa mi pipih yang terbuat dari beras ini dimasak dengan telur dan saus unik bercitarasa asam, saus ikan, udang kering, bawang putih, cabai, dan gula aren. Teksturnya mi beras ini halus dan kenyal. Rasanya khas, perpaduan rasa gurih, asin, dan sedikit manis yang disajikan dengan taburan kacang yang dihancurkan dan seiris jeruk nipis yang diperas agar sentuhan asam melengkapi profil rasanya. Dengan bahan-bahan dasar yang mudah didapat dan keahlian memasak tumisan yang mumpuni, Pad Thai mudah untuk dibuat. Sajian ini adalah sajian serbaguna, dan memungkinkan banyak variasinya bisa dibuat dengan bahan paduan bahan daging atau vegan. Pad Thai yang baik disajikan sesaat setelah dibuat dimana masih panas, aromanya yang nikmat mampu membangkitkan selera, tidak berminyak, serta citarasa yang lebih lezat.


Massaman Curry

Menu ini berasal dari pengaruh Persia pada abad ke-17 pada masa Kerajaan Ayutthaya lama. Tepatnya ketika para pedagang Arab datang ke Asia Tenggara dan membawa serta budaya dan masakan mereka. Metode merebus daging sampai empuk yang dipadukan dengan aneka rempah untuk membuat saus kental dan diadaptasi dengan bahan-bahan Thailand. Massaman Curry menggunakan bumbu pasta udang, serai, bawang putih, bawang merah, kapulaga, biji jinten panggang, merica, cabai kering, dan biji ketumbar. Semua bahan itu ditumbuk menjadi pasta lalu digoreng secara tradisional dengan lemak babi. Lalu baru masukkan ayam, daging sapi, atau domba direbus dalam santan. Keduanya lalu secara bertahap dicampur dan dimasak menjadi kaldu yang kental dan kemerahan. Kuah Massaman Curry memiliki citarasa yang kompleks, aromatik, dan mewah di lidah.


Stir-fry Chicken with Basil

Tumis daun holy basil atau kemangi Thailand dan daging ayam cincang (Pad Kra Prao Gai Sap) adalah salah satu hidangan klasik Thailand yang menampilkan keaslian individual chef yang membuatnya. Meski tampilannya sederhana, sajian ini kaya akan rasa. Paduannya berupa daun holy basil, cabai Thailand, bawang putih, kecap ikan, dan ayam cincang. Menu ini memadukan rasa pedas yang ringan, aroma herbal, dengan rasa gurih umami dari daging ayam cincangnya. Sajian ini paling enak dinikmati dengan nasi panas.

Bagi yang ingin menikmati citarasa otentik Thailand bisa mengenali restorannya dengan melihat tanda atau logo ‘Thai SELECT’. Logo ini secara khusus diberikan pada restoran Thailand di luar negeri yang sudah mendapat persetujuan Departemen Promosi Perdagangan Internasional (DITP), Kementerian Perdagangan, Thailand. Dengan logo ini juga mendorong pemilik restoran Thailand untuk meningkatkan kualitasnya sambil mempertahankan keaslian makanan Thailand yang ditawarkan. Jadi ke mana pun kamu jalan-jalan, carilah restoran dengan logo ‘Thai SELECT’ untuk mendapatkan masakan Thailand yang lezat dan otentik.


Look for AUTHENTIC THAI CUISINE, look for Thai SELECT


Written by www.asianinspirations.com.au

Translated by www.yukmakan.com


© 2019 yukmakan channel