• Novi Amaliyah

Manjakan Lidah Dengan Pilihan Kuliner Thailand Di 5 Restaurant Ini


Kitchen Of The World, rasanya jargon Thailand mempromosikan kekayaan kulinernya sebagai salah satu daya tarik wisata untuk mendatangkan turis sangat efektif. Tak heran beberapa sajian khas Thailand seperti Tom Yam begitu mendunia.

Kekayaan alam tropis Thailand turut menyumbang kekayaan kuliner negara gajah putih, dimana masing-masing wilayah memiliki sajian khas tersendiri. Mulai dari bagian utara yang identik dengan khao soi, dimana sajian Thailand ini sekilas mirip kari khas India karena menggunakan santan namun citarasanya lebih ringan. Di daerah Thailand bagian tengah ada Tom Yum, Pad Thai, Kaeng Phanaeng, Khao Pat hingga Khao Phat Kraphao. Di Thailand bagian selatan ada Kaeng Massaman, sajian bercitarasa mirip kari yang kaya rempah dan gurih. Sedangkan di bagian Timur Laut ada sajian seperti Larb, Nam Tok dan Som Tum dimana semua sajian ini memiliki citarasa pedas dan asam khas Thailand.


Masakan Thailand memang dikenal dengan paduan citarasa yang kompleks mulai dari pedas, asam, asin menjadi satu. Belum lagi berbagai rempah dan bahan khas Asia memberikan citarasa eksotis yang selalu bikin kangen dan ketagihan. Di tengah pandemi seperti sekarang ini, kerinduan menjelajah kecantikan alam dan kota-kota di Thailand seperti Ayutthaya, Chiang Mai, Hat Yai, Pattaya, Phuket, Chiang Rai, Ko Samui tak ketinggalan Bangkok sebagai ibu kota Thailand yang dikenal dengan surganya kuliner street food yang sangat beragam. Selain beragam, kuliner Thailand juga nikmat dan murah.


Untuk sementara sambil menunggu kapan kita bisa jalan-jalan lagi ke Thailand, untuk mengobati kerinduan menikmati wisata kuliner di Thailand kamu bisa menikmati sajian Thailand di 5 restoran Thailand di Jakarta. Mulai dari yang otentik, atau sajian Thailand dengan twist, ada juga yang sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI. Berikut 5 restoran Thailand di Jakarta yang bisa kamu sambangi.


Thai Alley

Thai Alley salah satu restoran Thailand yang berdiri sejak tahun 2012 ini sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI. Di sini kamu bisa mencoba salah satu menu andalan mereka yaitu mencoba Tom Yam Goong Ma Praw Oon. Tom Yam istimewa ini memiliki citarasa paduan asam, pedas dan sedikit manis dari air kelapa yang dimasak kemudian disajikan di dalam buah kelapa Thailand dengan isian udang, jamur, irisan tomat, kelapa muda, bawang merah, cabai rawit ulek, irisan sereh, daun jeruk serta daun ketumbar yang aromatik. Kamu juga bisa coba menu lain seperti Som Tum atau salad pepaya muda, Gai Hor Bay Toey atau ayam goreng pandan khas Thailand. Ada juga Khao Pad Sapparod Goong, sajian berupa nasi goreng nanas yang disajikan di dalam buah nanas segar. Untuk sajian penutup kamu bisa coba mencoba Katisod, sajian penutup berupa es krim kelapa muda khas Thailand yang becitarasa manis dan gurih. Es krim ini dipadukan dengan nata de coco, irisan ubi, jagung manis, nangka, kelapa muda serta taburan kacang goreng yang disajikan dalam buah kelapa khas Thailand. Ada juga Khek Manfrang, kue kukus yang terbuat dari ubi ungu dan tepung beras bercitarasa manis dan gurih dengan paduan saus fla vanilla. Dan untuk minuman kamu bisa coba Thai Tea yang nikmat.

Thai Street

Thai Street, salah satu brand jaringan restoran Thailand di Indonesia ini hadir karena terinspirasi dari kelezatan dan kemeriahan food street di Bangkok yang begitu populer . Thai Street menghadirkan sajian Thailand dengan Citarasa otentik Thailand yang sudah disesuaikan lidah orang Indonesia. Coba Crispy Papaya Salad sebagai hidangan pembuka. Berbeda dengan salad khas Thailand pada umumnya yang menggunakan buah pepaya segar yang ditumbuk, salad pepaya muda ini dibalur tepung kemudian digoreng ditambah disajikan bersama siraman saus khas Thailand bercitarasa pedas, asam, asin dan sedikit manis berisi irisan kacang panjang dan tomat segar. Kamu juga bisa coba hidangan lain seperti Tom Yam Seafood, Chicken Wrapped Pandan Leaves, Pad Thai Goong, Chicken Ga Praw On Rice. Untuk sajian penutup ada Mango Sticky Rice dan Cassava With Coconut Puree.

Tom Tom Kitchen

Hadir dengan interior bergaya industrial di East Mall Lt.5 Grand Indonesia Shopping Town, Tom Tom Kitchen menghadirkan sajian kuliner otentik Thailand yang bisa menjadi destinasi kamu dan keluarga. Karena porsi yang disajikan di sini cukup besar dan bisa dijadikan untuk menu sharing untuk 3 - 4 orang. Semua sajian di sini dimasak dengan bumbu dan saus racikan yang dibuat sendiri dari bahan-bahan segar untuk mendapatkan citarasa otentik sajian khas Thailand. Kamu bisa coba Khao Op Saperot atau nasi goreng nanas yang menawarkan citarasa gurih umami dengan paduan buah nanas, ayam, udang, telur, bawang bombai dan kacang mede serta bawang bombai tak ketinggalan daun ketumbar dan cabai merah sebagai garnish. Menu lain yang kamu bisa ada Som Tam, Kung Op Wun Sen, sajian berupa glass noddle yang digoreng dengan bumbu lada hitam, jahe dengan isian jamur dan udang ditambah garnish daun ketumbar dan cabai merah. Coba juga Kai Prik Phing dimana ayam dan buncis tumis dengan bumbi kari udang yang gurih dengan paduan daun jeruk yang aromatik. Kemudian ada Pad Luk Kana Plakem dimana daun kailan ditumis dengan ikan asin asap. Sajian ini bercitarasa pedas dan sedikit manis. Untuk minuman ada Thai Ice Tea ada juga Iced Lemon Grass yang menyegarkan. Untuk hidangan penutup ada Mango Tango, yang merupakan ketan kukus khas Thailand yang disajikan dengan saus santan bercitrasa manis dan gurih bertabur wijen ditambah potongan buah mangga segar, pudding mangga dan sorbet mangga.


Greyhound Cafe

Bagi pecinta kuliner Thailand pasti sudah tidak asing dengan Greyhound Café, tempat satu ini menyajikan sajian kuliner Thailand andalan dengan sentuhan berbeda yang istimewa. Di Jakarta ada dua lokasi Greyhound Cafe yang bisa kamu sambangi, yaitu Greyhound Cafe Grand Indonesia dimana kamu bisa menemukan menu olahan daging babi khas Thailand. Sementara lokasi kedua ada di Gunawarman Jakarta Selatan. Coba Tom Yam Hot Pot yang jadi menu andalan di sini, menu berupa sup seafood satu ini berisi dengan aneka makanan laut segar seperti udang, cumi-cumi, kerang hijau, bakso ikan, jamur shimeji, sawi putih. Yang membuat Tom Yam ini istimewa adalah karena menggunakan susu segar sebagai paduan sehingga kuah Tom Yam Hot Pot ini lebih pekat dan gurih. Paduan citarasa asam, asin, sedikit pedas, gurih umami dan aromatik dari daun ketumbar segar ditambah topping pangsit goreng. Jika lebih suka citarasa asam, kamu bisa menambahkan air perasan jeruk nipis.


ORASA'S

Jika samu salah satu pecinta sajian Thailand yang identik dengan citarasa kompleks paduan pedas, asam dan asin tapi bosan dengan restoran Thailand kebanyakan dan ingin yang berbeda? Coba kunjungi ORASA’S. Restoran yang dibawah naungan Jittlada Group ini menawarkan sajian otentik Thailand dengan sentuhan modern. Berlokasi di Ashta District 8 yang tengah naik daun, ORASA'S menyasar kalangan eksekutif muda dewasa di Jakarta Selatan dan sekitarnya. Coba Pad Thai Sukiyaki Noodles, dimana glass noodles khas Thailand mirip soun namun dengan helaian yang lebih besar dimasak dengan bumbu sukiyaki. Pad Thai Sukiyaki Noodles ini berisi irisan daging cumi, udang, telur, kangkung dan daun bawang disajikan dengan saus Thai Sweet Sour Sauce yang bercitarasa pedas, asin, asam dengan paduan kaca ng wijen serta aroma daun ketumbar. Kamu juga bisa menikmati Moo Ping, sajian berupa sate daging babi berbumbu manis dan gurih disajikan dengan saus yang terbuat dari paduan kecap asin, irisan bawang merah, bawang putih dan cabai merah dan kacang tanah yang ditumbuk kasar. Saus bercitarasa asam, asin, pedas ini berpadu harmonis dengan daging sate babi yang empuk manis dan gurih.