• Novi Amaliyah

6 Bukti Matcha Mampu Meningkatkan Kesehatan



Beberapa tahun belakangan matcha menjadi salah satu the dari Jepang yang sangat populer. Matcha Latte hingga kudapan manis dengan paduan matcha bahkan sempat  booming di Indonesia dan muncul di mana-mana. Matcha berasal dari tanaman Camellia sinensis. Namun, ia tumbuh berbeda dan memiliki profil nutrisi yang unik.

Petani menanam matcha dengan menutup tanaman teh mereka 20-30 hari sebelum panen untuk menghindari sinar matahari langsung. Cara Iini meningkatkan produksi klorofil, meningkatkan kandungan asam amino, dan memberi warna hijau pada tanaman. Setelah daun teh dipanen, batang dan vena dikeluarkan dan daun ditumbuk menjadi bubuk halus yang dikenal sebagai matcha.


Matcha mengandung nutrisi dari seluruh daun teh, yang menghasilkan jumlah kafein dan antioksidan yang lebih besar daripada yang biasanya ditemukan dalam teh hijau. Studi menunjukkan menunjukkan manfaat dari matcha mampu membantu melindungi hati, meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan membantu dalam penurunan berat badan. Berikut adalah 7 manfaat kesehatan dari teh matcha, semuanya sudah berdasarkan pada ilmu pengetahuan dan penelitian.


Tinggi Anti Oksidan

Matcha mengandung sejumlah antioksidan, yang dapat mengurangi kerusakan sel dan mencegah penyakit kronis.


Menjaga Fungsi Hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa matcha dapat mencegah kerusakan hati dan mengurangi risiko penyakit hati. Namun, studi tambahan diperlukan untuk melihat efek pada manusia pada populasi umum.


Meningkatkan Fungsi Otak

Matcha telah terbukti meningkatkan perhatian, memori, dan waktu reaksi. Ini juga mengandung kafein dan L-theanine, yang dapat meningkatkan beberapa aspek fungsi otak.


Membantu Mencegah Kanker

Matcha sangat tinggi dalam epigallocatechin-3-gallate (EGCG), sejenis katekin yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker yang kuat. Satu studi tabung reaksi menemukan bahwa EGCG dalam matcha membantu membunuh sel-sel kanker prostat. Studi tabung reaksi lain menunjukkan bahwa EGCG efektif melawan kulit, paru-paru, dan kanker hati. Senyawa dalam matcha terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.


Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hijau, yang memiliki profil nutrisi yang mirip dengan matcha, dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Teh hijau telah terbukti mengurangi kadar kolesterol LDL total dan "buruk", serta trigliserida. Selain itu juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL, faktor lain yang dapat melindungi terhadap penyakit jantung. Studi pengamatan juga menunjukkan bahwa minum teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke. Ketika dikombinasikan dengan diet menyeluruh dan gaya hidup sehat, minum matcha dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan penyakit.


Membantu Penurunan Berat Badan

Teh hijau terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan penurunan berat badan. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa the hijau dapat membantu mempercepat metabolisme untuk meningkatkan pengeluaran energi dan meningkatkan pembakaran lemak. Satu studi kecil menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau selama latihan sedang terbukti  meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17%.

© 2019 yukmakan channel