• Novi Amaliyah

7 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Smoothie Sayuran


Green smoothie
Smoothie Sayuran tak hanya mengenyangkan, smoothie ini juga kaya nutrisi

Buah dan sayur adalah dua bahan makanan yang tidak boleh dilewatkan dari menu konsumsi sehari-hari. Karena buah dan sayur merupakan sumber, serat, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Pedoman Gizi Seimbang menganjurkan untk mengonsumsi sayur dan buah setiap harinya adalah 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah atau setengah bagian piring berisi buah dan sayur dengan komposisi lebih banyak sayur setiap kali konsumsi. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi paduan buah dan sayur aneka ragam dan warna untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh.

Selama ini mungkin smoothie buah lebih populer dibandingkan dengan sayur. Kamu bisa menggabungkan buah dan sayur untuk dijadikan smoothie favorit. Berikut 7 manfaat kesehatan mengonsumsi smoothie sayur untuk kesehatan.


1. Kenyang Lebih Lama

Karena kaya serat, smoothie sayur membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan. Kamu bisa menambahkan pisang untuk membuat smoothie sayur kamu jadi lebih creamy dan mengenyangkan.


2. Meningkatkan Energi

Smoothie sayuran kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan lainnya. Konsumsi smoothie sayuran akan membantu sistem pencernaan dan penyerapan jadi lebih optimal. Sehingga akan membuat tubuh jadi lebih berenergi untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Smoothie sayuran, khususnya smoothies hijau juga memberikan vitamin B dan magnesium, karena mendukung metabolisme energi dalam tubuh.


3. Kaya akan Serat

Kita semua tahu bahwa sayuran kaya akan serat. Serat sangat penting untuk mengatur proses di dalam sistem pencernaan dan menurunkan risiko penyakit kronis. Selain itu, serat juga akan membantu menstabilkan kadar gula darah.


4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Konsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal. Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam sayuran membantu melindungi tubuh dari penyakit.


5. Sumber Antioksidan

Sayuran kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan tidak hanya menjadi pertahanan terbaik melawan penyakit, tetapi juga memberikan tubuh berbagai zat alami yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran yang optimal.


6. Mengurangi Lemak

Saat membuat salad, biasanya kita cenderung menambahkan sedikit minyak atau lemak dalam bentuk saus salad. Bahkan jumlah minyak terkecil pun akan menghambat proses penurunan berat badan. Sebagai gantinya, campur sayuran dan buah-buahan dan hindari menambahkan minyak atau lemak. Jika ingin menambahkan lemak ataupun minyak, pilih lemak sehat seperti virgin olive oil.


7. Kaya dengan Klorofil

Kebanyakan sayuran berwarna hijau, kaya akan klorofil yang diyakini memiliki khasiat besar dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membersihkan darah dan meremajakan sel tubuh.