• Maria Yuliana Kusrini

7 Restoran Penyedia Hidangan Sehat

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat? Dan jika ditanya demikian, sudah pasti jika setiap orang menginginkannya. Terlebih di suasana pandemi seperti sekarang ini. namun, untuk menjadi sehat harus didukung dengan pola hidup dan pola makan yang baik. Melihat kebiasaan masyarakat yang semakin peduli pada pola hidup sehat, banyak tempat makan pun berlomba-lomba menyediakan menu sehat. Dan berikut ini 7 di antaranya yang bisa dijadikan pilihan.

1. SaladStop!

Datang ke outlet yang satu ini, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pilihan salad sehat nan lezat. Semangkok saladnya sebagian besar berisikan sayuran mentah begitu menggugah selera karena disandingkan dengan dressing yang variatif. SaladStop! Setidaknya memiliki 12 pilihan signature salad yang bisa disajikan dalam mangkok atau dalam bentuk wraps. Saat ini ada 3 pilihan kulit wraps, yaitu Original, Tomato, dan Spinach. Selain itu, juga ada menu Warm Quinoa Bowls, Warm Protein Bowls, Superfood Bowls, serta minuman Smoothies nan menyegarkan.


2. Acai Bar

Sesuai dengan namanya, sajian yang dijual menjadikan acai sebagai salah satu bahan bakunya. Acai merupakan buah berwarna ungu khas Brazil yang tampilannya menyerupai blueberry atau anggur. Berlokasi di bilangan Senopati, Jakarta Selatan, Acai Bar mengkolaborasikan acai dengan buah segar atau superfood lainnya. Sebagai menu spesial di sini ada Signature Amazon, Rio Loco, dan Dark Side dari kategori Acai Bowl. Sedangkan untuk kategori Acai Blend ada Super Antioxidant, Tropical, Aloha, dan PB Choco Mood yang menyegarkan.


3. Berrywell

Berrywell yang sudah punya beberapa outlet ini pun memiliki beragam menu sehat dan lezat. Varian menunya beragam, mulai dari aneka smoothie, smoothies bol, cake, dan makanan lainnya. Ingin menikmati pilihan smoothie bowl bisa memesan Dragon-Bowl-Z ataupun Green Energy yang memadukan berbagai bahan sehat, seperti buh segar dan superfoods lainnya.

4. Fedwell

Masuk ke dalamnya, pengunjung bisa langsung memesan makanan yang diinginkan. Pilihan beragam mulai dari aneka sayuran segar ataupun yang sudah dimasak, pilihan protein, serta karbohidrat yang dijamin lebih sehat. Pengunjung tinggal memilih sendiri menu yang disuka alias “Do-it yourself Bowl” atau memesan menu yang sudah ada bernama ‘Signature Bowl’. Bagi yang memesan Signature Bowl, Fedwell punya 8 pilihan menu berbeda. Yakni The Don, The Browser, The Grazer, The Muscle Hustle, The 1945, The Eurasian, The Hulk, dan The Trophy Wife yang isian dan dressingnya sudah disesuaikan.


5. The Betawi Salad

The Betawi Salad mengangkat sajian comfort food khas Indonesia dengan versi lebih sehat dengan memperhatikan kandungan nutrisi dan kalori, jenis karbohidrat, serta teknik memasak yang digunakan. Restoran ini dihadirkan dengan konsep salad bar yang menghadirkan menu dalam 3 kategori besar yaitu, Salad, Warm Bowl, serta Create Your Own Bowl dimana pelanggan bisa memilih pilihan nasi, sayuran, dressing, topping, serta sambal. Menu signature di sini adalah Betawi Salad yang tampilannya seperti salad namun citarasanya menyerupai gado-gado

6. Sal En Co

Sal En Co menghadirkan pilihan menu clean eating yang lebih sehat, mulai dari appetizer dan sup, smoothies, poke bowl, salad, gelato, hidangan penutup, hingga aneka minuman. Sal En Co juga memiliki menu yang bersahabat untuk pelaku gaya hidup vegetarian dan vegan. Selain menyasar pasar kalangan anak muda yang menerapkan gaya hidup clean eating, Sal En Co juga mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli lingkungan dengan mengurangi sampah plastik dan sedotan. Salah satunya dengan menggunakan kemasan makanan serta sedotan ramah lingkungan yang menggunakan bahan biogredable untuk pesanan take a waynya.


7. Harris Cafe

Sesuai dengan konsep yang sedari awal diangkat, Harris Cafe yang menjadi bagian dari Harris Hotel & Convention Kelapa Gading Jakarta ini memang menyuguhkan sajian sehat. Makna dari sajian sehat itu adalah dibuat menggunaan bahan yang segar, proses memasak tanpa menggunakan minyak goreng biasa namun diganti menggunakan minyak zaitun, tidak menggunakan MSG, penggunaan sayuran yang lebih banyak, hingga jumlah karbohidrat yang digunakan lebih sedikit. Cleansing yang adalah jus buah dan sayur nan menyegarkan hingga salad bisa jadi menu pilihan di sini.


© 2019 yukmakan channel