• Maria Yuliana Kusrini

7 Tempat Rekomendasi Menyantap Olahan Kambing atau Domba

Meski identik dengan aromanya yang kurang menggoda, namun daging domba dan kambing tetap saja memiliki deretan penggemar. Banyaknya tempat makan yang menyediakan olahan ini pun beragam, mulai dari harga murah hingga mahal, hingga jenis olahan tradisional ataupun ala Timur Tengah hingga Western. Berikut ini tujuh tempat makan yang menyediakan olahan kambing atau domba yang recommended!


1. Al Nafoura Ragam hidangan di Al Nafoura yang jadi bagian dari Hotel Le Meridien Jakarta sangatlah banyak. Sesuai dengan konsepnya 'Timur Tengah' maka deretan menu yang disuguhkan meliputi Negara Arab, Turki, Maroko, Mesir, dan daerah Mediterania lainnya. Masakan berbahan baku domba dengan penggunaan rempah yang kuat menjadi ciri dan kekhasan dari aneka hidangan di Al Nafoura ini. Sajian unggulan yang wajib untuk dipesan adalah Haruf Ouzi yang adalah lamb shank. Menggunakan bagian betis domba, sajian ini dimasak dengan 2 proses pemasakan, direbus dan oven. Proses perebusannya pun memakan waktu selama 4-5 jam menggunakan berbagai macam rempah. Tak heran, jika rasanya super lezat dan teksturnya empuk.


2. Al Jazeerah Signature

Restoran yang sudah punya beberapa outlet ini menjadikan sajian ala Timur Tengah otentik sebagai menunya. Salah satu outletnya yang bisa dikunjungi berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Untuk penikmat lamb, jangan lewatkan untuk memesan Lamb Curry, Mix Rice bertopping bbq lamb, hingga Shawarma Lamb. Setiap sajian itu menjadikan lamb sebagai bahan bakunya yang diolah dan dimasak menggunakan bumbu rempat yang diimpor langsung dari Timur Tengah sana.


3. Meat Me

Meat Me yang berlokasi di Mall Kota Kasablanka ini memiliki hidangan lamb shank yang ukurannya bisa untuk disantap 2 orang. Hidangan daging bagian tengah dari kaki domba itu disajikan bersama gravy sauce, garlic mashed potato, dan tumisan bayam yang creamy. Lamb shank ala Meat Me ini dimasak dengan dimarinasi menggunakan bumbu sederhana seperti rosemary, thyme, garam, dan lada hitam yang kemudian dioven selama 2 - 3 jam. Sehingga ketika dimakan dagingnya akan terasa original dengan gurih asli yang dihasilkan oleh minyak dari daging domba asal Australia itu.


4. Warung Turki

Datang ke tempat ini pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan ragam hidangan khas Turki saja. Namun juga bisa menemukan berbagai aksesoris dan barang khas Turki. Ambiens restorannya juga menarik dan seru untuk dijadikan lokasi kongkow. Penikmat olahan kambing atau domba, bisa menikmati beberapa hidangan spesial di sini, mulai dari Baby Lamb Baked in Salt yang diproses hingga semalaman, Meftune Kuzu Incik, Iskender Kebab, dan masih banyak lainnya.



5. Warung Sate Kambing Haji Giyo

Melegenda sejak tahun 1985, tempat makan ini menawarkan berbagai pilihan menu dari kambing. Sate Kambingnya terdiri dari 10 tusuk dengan potongan daging yang lebih besar dibanding sate pada umumnya. Satenya terasa empuk, lembut, dan tidak bau prengus. Selain Sate Kambing, juga ada menu Tengkleng berisi tulang dengan daging tipis yang masih menempel dan favorit di sini. Pilihan menu lainnya ada Tongseng Kambing, Sop Kambing, Gulai Kambing, dan lainnya.


6. Sate Kambing Laka-laka

Sesuai namanya, Laka-laka menyajikan sate kambing sebagai salah satu menu andalan. Daging kambing yang dipotong dengan ukuran sedang kemudian ditusuk, dibakar, dan langsung disajikan bersama dengan kecap manis, sambal, potongan tomat, dan potongan bawang merah. Tekstur dagingnya sangat lembut dan empuk, aroma kambingnya juga nyaris tidak ada. Kambing yang digunakan berusia di bawah tiga bulan atau batibul dan didatangkan langsung dari Kota Tegal, Jawa Tengah. Selain sate, juga ada pilihan lain seperti Sop Kambing, Tongseng Kambing, Nasi Goreng Kambing Batibul, Gulai Kambing.


7. Sate Kambing Muda Pejompongan

Mengawali usaha sejak tahun 1994, pria bernama Sukatni menghadirkan berbagai macam sajian yang menjadikan daging kambing sebagai bahan bakunya. Mulai dari sate, tongseng, gulai, sop, ataupun nasi goreng. Dibukalah warung sederhana bernama Sate Kambing Muda Pejompongan yang berlokasi di kawasan Pejompongan, Jakarta Pusat. Semua hidangan kambing di sini bercitarasa juara. Kuncinya tentu saja dari penggunaan daging kambing yang usianya masih muda (dibawah 5 bulan), pengolahan yang tepat mulai dari pemotongan daging hingga proses memasaknya.

© 2019 yukmakan channel