• Novi Amaliyah

7 Tips Sukses Membuat Macaron


Meski resep Macaron terlihat sederhana dengan bahan utama putih telur, icing sugar dan almond bubuk namun membuat kudapan cantik satu ini susah-susah gampang. Namun begitu jangan khawatir untuk mencoba membuatnya. Berikut beberapa tips dan trik sukses membuat macaron yang harus kamu perhatikan dan beberapa kesalahan yang sering terjadi saat membuat macaron. Selamat mencoba.

  1. Pastikan putih telur yang akan digunakan untuk membuat macaron dalam suhu ruang. Jika menggunakan putih telur yang sudah disimpan dalam kulkas, sebaiknya diamkan terlebih dahulu hingga suhunya berubah menjadi suhu ruang.

  2. Saat akan mengocok putih telur, pastikan wadah untuk mengocoknya benar-benar bersih dan terbebas dari minyak maupun air. Karena jika adonan tercampur minyak atau air bisa mengakibatkan adonan meringue tidak mengembang dengan sempurna.

  3. Untuk memastikan apakah adonan meringue sudah mengembang dengan sempurna, balik wadah, jika adonan putih telur tidak jatuh atau menetes, maka adonan tersebut sudah kaku dengan sempurna.

  4. Pada saat mencampur adonan putih telur yang sudah kaku dengan bubuk almond dan gula, hindari untuk mengaduk secara berlebihan Jika adonannya sudah tercampur dengan sempurna, segera lakukan proses selanjutnya.

  5. Untuk hasil sempurna dan macaron mudah dilepaskan ketika sudah matang sebaiknya menggunakan silpat yang diletakkan di atas loyang.

  6. Setelah adonan macaron selesai di cetak pada loyang, banting-banting halus loyang untuk meratakan permukaan macaroon dan membuatnya memiliki rongga udara, perhatikan adonan macaron, jika melihat permukaannya berlubang itu artinya rongga udara sudah tercipta. Setelah itu diamkan macaron selama kurang lebih 30 menit sampai permukaannya agak kering. Baru bisa memanggangnya.

  7. Terakhir kenali panas oven yang digunakan, umumnya temperatur oven untuk memanggang macaron adalah 160 C. Jangan lebih panas dari itu, sedangkan waktu pemanggangannya sekitar 20-25 menit. Pastikan macaron tidak terlalu lama dipanggang karena akan membuat permukaan atas macaron retak dan pecah-pecah.

Kesalahan – Kesalahan Yang Terjadi Saat Membuat Macaron.

Permukaan Macaron Rusak

  • Memanggang macaron sebelum permukaannya kering

  • Oven terlalu panas, bagian bawah baking sheet terlalu panas

Macaron Tidak Mengkilap

  • Proses pengocokan putih telur dan proses pencampuran meringue dengan bubuk almond kurang sempurna.

Permukaan Macaron Berminyak

  • Almond bubuk yang digunakan sudah terlalu lama

  • Bubuk almond yang digunakan sudah terlalu lama disimpan dalam suhu ruang.

  • Waktu pemanggangan kurang sempurna.

  • Terlalu lama mengaduk saat proses pencampuran meringue dan almond bubuk.

© 2019 yukmakan channel