• Maria Yuliana Kusrini

Ada Olahan Kambing & Nasi Goreng Unik di Kedai Gelojoh

Pecinta olahan kambing dan nasi goreng sepertinya wajib untuk menjajal menu yang ditawarkan oleh Kedai Gelojoh. Pasalnya, tempat makan yang beroperasi sejak 29 April 2020 ini menghadirkan beberapa olahan kambing dan nasi goreng yang unik dan pastinya beda dengan tempat lainnya.

Kambing Uleg

Kedai Gelojoh lahir berkat kecintaan sang owner pada masakan yang menjadikan kambing sebagai bahan bakunya. Olahan kambing yang ditawarkan pun berbeda dengan tempat makan lainnya. Jika tempat lain mengolah kambing menjadi sate, tongseng, sop, gulai, ataupun soto, maka tidak dengan olahan kambing yang akan dijumpai di Kedai Gelojoh ini. Daging kambing di Kedai Gelojoh ini dimasak dengan bumbu berbeda dan cara memasak yang beda.

“Jadi awal ide buka bisnis kuliner ini karena aku suka masak, terus keterusan deh. Dan akhirnya buka bisnis ini sama istri. Kenapa pilih menunya kambing itu juga karena aku pun memang suka dengan olahan kambing. Selain itu, kambing punya karakter yang kuat dari sisi dagingnya,” ungkap Toma Pratama selaku owner Kedai Gelojoh.

Kambing Zaitun

Untuk daging kambing yang digunakan, Kedai Gelojoh menggunakan jenis kambing muda. Spesifikasinya adalah kambing betina dengan rentang usia tidak lebih dari empat bulan. Menurut Toma, kambing betina muda punya daging yang lebih empuk dibandingkan dengan kambing jantan. Olahan kambing yang jadi andalan Kedai Gelojoh adalah Kambing Uleg, Kambing Zaitun, dan Sop Tulangan.


Kambing Uleg terbuat dari daging kambing tanpa tulang yang dimasak bersamaan dengan sambal bawang. Daging kambingnya memang terbukti empuk, tidak berbau prengus, dan memiliki citarasa gurih pedas karena berpadu dengan sambal bawangnya yang pedas dan aromatik. Kambing Zaitun pun tak kalah istimewa, berupa daging kambing empuk yang masih menempel di tulang yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah dan minyak zaitun. Sedangkan bagi yang ingin menyantap sajian berkuah, bisa menjadikan Sop Tulangan sebagai pilihannya.

Selain olahan kambing, menu nasi goreng pun jadi andalan. Varian nasi goreng yang ditawarkan terbilang banyak, mulai dari Nasgor Magribi, Nasgor Zaitun, Nasgor Cabe Ijo, Nasgor Brisket (Smoke Beef), Nasgor Kampung Gelojoh, hingga Nasgor Pedas Uleg. Berbagai nasi goreng ini pun unik dan berbeda dari nasi goreng kebanyakan. Itu karena nasinya menggunakan beras basmati yang biasanya digunakan untuk membuat nasi briyani. “Nasi gorengnya pakai beras basmati. Alasan kami menggunakan beras jenis ini karena lebih sehat, beras basmati kan rendah karbo dan rendah kandungan gulanya. Alasan kedua, karena beras ini jenisnya pera sehingga saat dibuat nasi goreng tidak lengket,” tambah Toma yang juga bassis dari Grup Band Mocca.


Dari sekian banyak jenis nasi goreng yang ditawarkan Kedai Gelojoh, Nasgor Magribi jadi nasi goreng unggulannya. Sesuai dengan namanya, yakni Magribi atau yang juga berarti Maroko maka Nasgor Magribi punya karakter rasa kuat ala Timur Tengah. Namun, rasanya itu tetap bisa diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Nasi goreng ini dimasak menggunakan 13 bumbu berbeda, mulai dari bawang bombay, bawang merah, bawang putih, cabai hijau, tomat, santan, dan berbagai bumbu khas Maroko lainnya. Siapa pun yang menyantapkan akan dibawa serasa ke Maroko.


Zabi Kambing

Berbagai menu istimewa di Kedai Gelojoh ini merupakan kreasi dari sang owner yang juga bekerjasama dengan Chef Hoody Shakur. Chef yang lebih akrab disapa Bang Hoody itu memang sudah terkenal piawai dalam mengolah daging kambing. “Menu utama dibuat oleh Bang Hoody, ada 6 resep yaitu Nasgor Magribi, Nasgor Zaitun, Nasgor cabe Ijo, Kambing Uleg, Kambing Zaitun, dan Sop Tulangan. Sisanya kreasi Toma. Berbagai menu itu ditawarkan dengan harga Rp 25.000,- hingga Rp 58.000,- per porsinya,” jelas Toma. Kedai Gelojoh juga menawarkan menu paket dengan pilihan Zabi Kambing dan Zabi Ayam. Paket Zabi ini di dalamnya memadukan Nasgor Magribi, Kambing/Ayam Zaitun, sambal uleg, dan juga acar.

Sesuai dengan nama kedainya, ‘Gelojoh’ yang jika diartikan sebagai ‘lahap’, maka siapapun yang sudah mencicipi makanan di sini akan makan dengan lahap. Itu karena setiap menunya dihadirkan dengan citarasa yang memang lezat dan cocok di lidah. Ragam hidangan Kedai Gelojoh ini bisa dipesan secara online melalui GoFood atau GrabFood.

Kedai Gelojoh

Jl. Terogong Raya No. 22, Cilandak Barat, Jakarta Selatan

081329000808

© 2019 yukmakan channel