top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Ajinomoto Berikan Beasiswa Program Pascasarjana di Jepang

Ajinomoto sebagai produsen bumbu penyedap makanan terkemuka di Indonesia, kembali membuka peluang beasiswa Master Program (S2) di Jepang. Berlaku untuk tahun ajaran baru 2024, seleksi ini pun bisa diikuti oleh para mahasiswa di Indonesia dengan memilih tujuh universitas yang ada di Jepang. Program beasiswa ini telah Ajinomoto berikan sejak tahun 2010 lalu.



Melalui Ajinomoto Foundation, beasiswa program pascasarjana untuk tahun ajaran 2024 ini diberikan sebagai bentuk kepedulian perusahaan dalam mendukung cita-cita para anak bangsa. Khususnya bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di Negeri Sakura demi kemajuan bangsa Indonesia. Ajinomoto setiap tahunnya berkomitmen memberikan beasiswa ini kepada satu orang mahasiswa Indonesia dalam skema AJINOMOTO Post-Graduate Scholarship.


Program Beasiswa Penuh ini berupa tunjangan sejumlah 1.800.000 yen sebagai Research Student (selama 1 tahun), 6.480.000 yen sebagai Master Course Student (selama 2 tahun), tanggungan penuh biaya perkuliahan (tuition fees), admisi, full examination, serta tiket pesawat berangkat ke Jepang. Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat. Yaitu, harus tertarik melanjutkan studi (Research dan Master Program) pada bidang Teknologi Pangan, Gizi, atau Teknologi Hasil Pertanian, dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,50.  Usia maksimal 35 tahun, sangat tertarik untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa Jepang. Selain itu, calon penerima beasiswa juga harus memiliki kondisi fisik dan mental yang prima, serta punya motivasi yang tinggi untuk terus belajar.


Untuk ketujuh pilihan universitas di Jepang yang dapat dipilih antara lain University of Tokyo, Kyoto University, Ochanomizu University, Kagawa Nutrition University, Nagoya University, Waseda University, dan Tokyo Institute of Technology. Calon mahasiswa pun bisa memilih universitas mana yang disukai. Di tahun ajaran 2023 lalu, penerima beasiswa dari Ajinomoto adalah Mutiara Arsya Vidianinggar Wijanarko atau Ara. Gadis usia 24 tahun, asal Malang, Jawa Timur itu merupakan Sarjana Gizi lulusan Universitas Airlangga. Saat ini Ara mengambil master program (S2) di Graduate School of Nutrition Sciences, Kagawa Nutrition University. Ara akan memulai perkuliahannya sebagai Research Student pada April 2023 dan diproyeksikan akan lulus pada April 2026 dengan gelar Master of Science (M.Sc).



Menurut Ara, mengenyam pendidikan di Negeri Sakura merupakan impiannya, dan ia berterima kasih kepada Ajinomoto yang telah memberikan kesempatan dan mewujudkan mimpinya dalam hal gizi perempuan. Dirinya berharap Ajinomoto dapat terus mendukung harapan pelajar Indonesia untuk dapat menuntut ilmu di Jepang, dan dapat terus menjadi jembatan bagi persahabatan, serta pertukaran ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi antara Jepang dan Indonesia.


Tak hanya rutin memberikan beasiswa pada masyarakat, Ajinomoto juga terus konsisten menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi. Hadir di Indonesia sejak tahun 1969, PT AJINOMOTO INDONESIA juga ikut berkontribusi untuk kesehatan yang lebih baik bagi keluarga Indonesia dengan membuka kekuatan dari asam amino untuk mengatasi masalah makanan dan kesehatan yang terkait dengan dietary habits and aging melalui kontribusi untuk peningkatan dalam hal makanan, kesehatan dan kehidupan yang bermanfaat. Melalui slogan globalnya “Eat Well, Live Well’, Ajinomoto terus memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Comments


bottom of page