• Novi Amaliyah

ACP Indonesia Luncurkan Buku Pengetahuan Dasar Kuliner


Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri I dari Asosiasi Chef Indonesia
Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri I dari Asosiasi Chef Indonesia

Association of Culinary Professionals (ACP) yang merupakan organisasi chef dan praktisi kuliner di Indonesia baru saja meluncurkan buku Pengetahuan Dasar Kuliner, Seri 1. Dengan melihat latar belakang bahwa hampir sebagian besar pendidikan kuliner di Indonesia berpedoman pada literatur dari luar negeri. ACP merasa perlu adanya buku yang menjadi pedoman dasar pengetahuan untuk membimbing para siswa peminat kuliner yang duduk di bangku SMK dan perguruan tinggi secara baik dan benar. Karena generasi muda adalah generasi penerus yang akan menjaga dan mengembangkan tradisi kuliner sebagai warisan budaya Indonesia.


"Selama ini buku literatur memasak yang diajarkan di sekolah kejuruan berasal dari luar dan seringnya belum tentu dipahami dengan baik. Juga kurangnya pengetahuan dasar bagaimana memasak masakan Indonesia. Dengan niat kamu mendonasikan buku ini bagi dunia pendidikan di Indonesia, besar harapan kami para siswa menjadi tonggak pelestarian kuliner di Indonesia baik di negeri sendiri maupun di negeri orang. Peluncuran buku ini juga sekaligus untuk mendukung program Spice UP The World Indonesia," jelas Chef Stefu Santoso, Advisor ACP yang ditemui dalam peluncuran Buku Pengetahuan Dasar Kuliner, Seri I di Aprez Cafe 24 November 2021.

Buku Pengetahuan Dasar Kuliner I ini tidak hanya berisi pengetahuan dasar bagaimana memasak di dapur tetapi juga berisi bagaimana pengorganisasian dapur, standar profesional seorang chef, kebersihan dan sanitasi, beragam istilah dalam memasak serta mengenal bumbu dan rempah yang biasanya ditemukan dalam masakan Indonesia serta sekilas sejarah kuliner di Indonesia.


Lebih lanjut, sebanyak 1000 eksemplar buku pada cetakan pertama buku Pengetahuan Dasar Kuliner, Seri ini rencananya akan didistribusikan pada sekolah-sekolah dan perguruan tinggi yang membutuhkan di seluruh Indonesia. Beberapa di antaranya adalah SMKN 5 Ambon, SMKN 1 Papua, SMKN 30 Jakarta, SMKN 38 Jakarta, SMK Yaspia, SMKN 37 Jakarta, dan SMKN 24 Jakarta. Bagi sekolah yang membutuhkan buku Pengetahuan Dasar Kuliner, Seri 1 bisa mengajukan permohonan buku dengan mengirimkan surat tertulis kepada seketariat ACP di Jakarta.