• Maria Yuliana Kusrini

Bakso Cwan In Bercitarasa Umami

Bakso menjadi salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh banyak orang. Mulai dari usia anak-anak, remaja, hingga dewasa, baik itu perempuan ataupun laki-laki, bisa dibilang bakso jadi salah satu pilihan menu yang sulit untuk ditolak. Begitu populernya bakso hingga sajian ini mudah ditemukan dan dinikmati dalam segala kondisi.


Bakso Cwan In jadi salah satu gerai bakso di kawasan Jakarta Pusat yang bisa dijadikan pilihan. Menempati lokasi di Renee Square, Karet, Sudirman, brand bakso ini menawarkan olahan bakso dari daging sapi yang dipadukan dengan kuah kaldu bercitarasa spesial. Untuk baksonya sendiri dibuat secara homemade dengan perbandingan 80:20 untuk penggunaan daging dan tepungnya. Baksonya memiliki tingkat kekenyalan yang pas dengan citarasa lezat yang menggugah selera. Ada dua pilihan bakso yang bisa pengunjung temukan, yakni bakso halus dan bakso urat.


Sajian ini pun memiliki keistimewaan di kuah yang digunakan. Khusus untuk penggunaan kuahnya, Bakso Cwan In sendiri punya kuah yang berbeda dari bakso-bakso lainnya. Kuahnya sendiri memadukan tipe bakso tradisional yang agak pekat, identik dengan citarasa rempah kuat dan bakso ala Pontianak yang berkuah bening dan ringan. Bakso Cwan In ini pun sukses memadukan kuah dari dua tipe bakso berbeda itu menjadi kuah bakso yang nikmat dan bercitarasa umami.


Seporsi Bakso Cwan In sendiri berisikan bakso halus, bakso urat, pilihan mi (yang terdiri dari mi kuning, bihun, atau kuetiau), irisan daging sapi melimpah, daun ketumbar, daun bawang, dan bawang goreng. Penggemar bakso yang datang ke kedai Bakso Cwan In bisa memesan bakso dengan pilihan All In Cwan (Rp 40.000,-), Only Cwan (Rp 35.000,-), dan Chow Mein Cwan (Rp 30.000,-).



Selain menu bakso, Cwan In juga menyuguhkan pilihan bakmi yang juga tak kalah menggoda untuk dipesan. Bernama Bakmi Can Cwan, olahan bakmi ini tersedia dengan pilihan asin dan manis. Seporsi bakmi yang ditawarkan dengan harga Rp 35.000,- itu terdiri dari olahan bakmi yang ditemani dengan irisan daging, daun bawang, bawang goreng, dan disandingkan dengan kuah serta bakso di mangkok terpisah.


“Bakso Cwan In ini buka pertama kali pada Desember 2021. Plan awalnya kami mau jual konsep frozen, tapi pada akhirnya kami lebih memilih untuk membuka secara offline atau buka store. Kalau dijual secara frozen, experience tiap orang dalam menyajikan bakso akan berbeda-beda, jadi lebih baik kami buka store saja. Lokasi kami memilih di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat karena lokasinya yang strategis. Setelah ini, mungkin dalam 6-7 bulan ke depannya kami akan membuka store kedua dengan lokasi di kawasan PIK (Pantai Indah Kapuk), Jakarta Utara,” terang Ichsan, salah satu owner dari Bakso Cwan In.