• Maria Yuliana Kusrini

Baru! Gorudo Beans Asal Flores Bisa Ditemukan di Kopi Konnichiwa

Penikmat kopi di Tanah Air patut berbahagia. Pasalnya, nyaris di semua tempat di Indonesia mampu menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik dengan citarasanya yang khas. Beragam tempat ngopi juga ada banyak yang bisa dikunjungi, di mana masing-masing tempat ini mengusung konsep yang unik dan untuk dijadikan tempat nongkrong.



Salah satu yang bisa didatangi adalah Kopi Konnichiwa yang mengusung konsep kopi ala Jepang. Meskipun awalnya mengusung konsep kopi ala Jepang, namun kini Kopi Konnichiwa menghadirkan sebuah pilihan baru sebagai representasi atas kekayaan alam yang ada di Indonesia. Hal itu dilakukan dengan diperkenalkannya biji kopi asal Flores yang bernama Garudo Beans. Varian dari biji kopi baru ini diluncurkan pada 28 Januari 2022 lalu.


Gorudo beans merupakan single origin yang berasal dari Flores Bajawa. Kopinya merupakan 100% full finest arabica asli Indonesia yang memiliki rasa sedikit asam, sedikit pahit, serta memiliki wangi aromatik seperti rempah-rempah dan cokelat. Salah satu varian minuman yang terbuat dari Gorudo Beans adalah Konnichiwa Latte. Minuman kopi ini jadi menu terbaru Kopi Konnichiwa yang menonjolkan rasa 100% arabica beans. Rasa yang dihasilkan adalah sedikit manis dari gula aren dan manis dari biji kopi itu sendiri disusul oleh rasa espresso yang light, tidak terlalu pahit, sedikit asam dan aromatik. Konnichiwa Latte ini baru tersedia mulai 1 Februari 2022 di seluruh gerai Kopi Konnichiwa.



Varian dari Gorudo Beans ini memang terasa berbeda dengan varian biji kopi Konnichiwa sebelumnya, yaitu Konnichiwa blend. Perbedaan yang paling mencolok adalah varian Konnichiwa blend menggunakan biji kopi robusta, sedangkan varian Gorudo beans menggunakan biji kopi arabika. Kedua biji kopi itu itu pun menghasilkan minuman kopi dengan karakteristik rasa berbeda yang berbeda pula. Dengan adanya Gorudo beans, varian ini diharapkan dapat menjadi pilihan berbeda bagi konsumen yang kurang menggemari kopi pahit dan kuat.


"Hari ini Kopi Konnichiwa melaunching biji kopi baru bernama Garudo Beans. Kopi ini asal Flores Bajawa yang tumbuh di ketinggian 1.200 mdl. Biji kopinya berjenis arabica yang melewati proses full washed. Kopi ini menghasilkan minuman bercitarasa light dan clean yang menghadirkan sensasi rasa hazelnut, brown sugar, dan spices dengan dominasi rasa cinnamon atau kayu manis," terang Reynold Oswald Herbert selaku pemegang lisensi Q Arabica Grader dan Certified judge untuk World Brewers Cup Championship yang hadir di acara launching Gorudo Beans di, Tomang, Jakarta Barat, 28 Januari 2022 lalu.