• Maria Yuliana Kusrini

Berwisata ke Phuket & Koh Samui, Thailand Wajib Santap 4 Menu Ini!

Punya banyak lokasi wisata serta kulinernya yang menarik, Thailand memang seru untuk dikunjungi. Selain Bangkok yang sering dijadikan lokasi tujuan wisata, Thailand sebenarnya masih memiliki wilayah lainnya yang tak kalah menarik. Misalnya saja Phuket yang akan memanjakan para pecinta pantai dan juga Koh Samui. Kedua pulau ini menawarkan pemandangan yang indah serta dilengkapi dengan pilihan kuliner yang layak untuk dijajal.


Poh Pia Sod

Phuket dan Koh Samui ini merupakan dua pulau surga yang paling populer di Thailand. Setelah ditutup beberapa waktu lalu karena pandemi, kini keduanya sudah dibuka kembali. Wisatawan internasional yang telah divaksinasi penuh pun sekarang dapat kembali ke “Land of Smiles” itu. Wisatawan yang merindukan keindahan pantai murni Thailand bagian selatan itu juga bisa menikmati beragam hidangan otentik Thailand di sana. Hidangan bercitarasa asam segar, pedas, manis, gurih dengan aromanya yang khas tentu sangat dirindukan.


Dibukanya wisata Phuket dan Koh Samui itu ada di bawah program Phuket Sandbox dan Samui Plus yang keduanya dimulai pada Juli 2021 ini. Beragam atraksi dan aktivitas eksotis dihadirkan di dua pulau indah itu termasuk beberapa restoran terbaik Thailand. Wisatawan pun bisa menyantap beragam hidangan unggulan dari masing-masing restoran yang turut ambil bagian dari program ini.


Phad Thai Goong Sod

Selain tom yum, pad thai menjadi salah satu hidangan yang begitu difavoritkan masyarakat luas. Wisatawan bisa menjajal hidangan istimewa ini di restoran bernama Saffron yang menjadi bagian dari Banyan Tree di Phuket. Menu bernama Phad Thai Goong Sod itu dibuat dari mi segar berpadu dengan udang segar serta mangga kemudian disandingkan dengan salad bunga pisang warna warni. Hidangan dari 20 bahan ini dikombinasikan dengan teliti sehingga mampu menciptakan keseimbangan sempurna antara rasa dan teksturnya.



Gaeng Pooh

Berkunjung ke pulau, tentu tak lengkap rasanya jika tidak menikmati sajian yang menjadikan hidangan laut atau seafood sebagai bahan bakunya. Tempat makan bernama Coast, bagian dari Centara Grand Beach Resort Phuket menghadirkan olahan seafood yang lezat dan memikat. Di tepi pantai yang indah, tamu bisa menyantap salah satu hidangan unggulan di tempat ini, yakni Gaeng Pooh. Hidangan klasik Phuket ini adalah kari kepiting bercitarasa pedas gurih yang memadukan aneka bahan terbaik. Bahan utamanya adalah kepiting yang ditangkap secara lokal, kemudian dimasak dengan aneka bumbu khas Thailand serta krim kelapa. Sajian kari kuning ini pun disajikan dengan bihun yang telah difermentasi, sesuai dengan gaya penyajian tradisionalnya.


Poh Pia Sod

Ingin menikmati camilan segar bercitarasa nikmat? Bisa menjajal Poh Pia Sod yang jadi salah satu menu unggulan di restoran bernama Black Ginger yang jadi bagian dari The Slate yang ada di Phuket. Menu berupa lumpia gulung yang disajikan segar ini terdiri dari berbagai kondimen. Mulai dari taoge, daun cilantro, sambal, bawang goreng, dan lainnya. Tamu yang memesan bisa langsung meracik dan menggulung lumpianya. Hidangan satu ini pun dibuat dari resep tradisional Hokkien yang diturunkan secara turun temurun.


Buddha Bowls

Hidangan khas Buddha Bowls menjadi santapan yang sehat, beraroma, dan memuaskan lidah setiap penikmatnya. Hidangan ini bisa ditemukan di Santiburi Koh Samui, tepatnya di restorannya yang bernama The Beach House & Bar. Buddha Bowls merupakan hidangan sehat yang terdiri dari berbagai sayuran organik seperti brokoli, tomat, hingga daun ketumbar berpadu dengan ayam panggang atau salmon, dan aneka bumbu khas Thailand. Hidangan yang disajikan dalam mangkok ini akan lebih menggugah selera jika ditemani dengan smoothie buah.