• Maria Yuliana Kusrini

Bolekaka Jatiwaringin, Bekasi Kini Resmi Dibuka

Bolekaka menjadi sebuah lokasi seru yang menggabungkan supermarket sekaligus tempat makan. Resmi mengadakan acara grand opening pada Rabu, 3 November 2021, Bolekaka menjadi supermarket yang menjadikan olahan dim sum sebagai sajian utamanya. Memilih lokasi di kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Bolekaka ini pun menjadi supermarket dim sum pertama di Indonesia.



Ide awal ini muncul dari salah satu ownernya yang bernama Muhammad Kautsar. Pria yang akrab disapa Kautsar itu memulai bisnis awalnya sebagai penjual siomay di tahun 2014 dan terus merintis hingga akhirnya ia beralih ke bisnis dim sum, memproduksi dim sumnya sendiri. Usaha dim sumnya itu pun sukses dan berkembang dengan pesat sampai dengan saat ini. Total sudah ada 50 agen dan 4.000 reseller yang tersebar di 20 kota yang dimiliki oleh Bolekaka ini.


Sukses dengan produksi dim sumnya, Kautsar pun membuka outlet yang ia jadikan sebagai supermarket sekaligus restoran. Ia berharap jika outlet ini bisa menjadi wadah bagi para pelanggannya untuk bisa merasakan sekaligus mendapatkan pengalaman bersantap dim sum hangat dengan berbagai saus yang menemani. "Kami tetap membuka outlet Bolekaka di tempat ini karena ingin membangun dari hulu hingga hilir. Selain itu, masyarakat butuh sebuah wadah untuk bereksperiens, datang langsung dan cicipi langsung citarasa dari dim sumnya. Hal ini juga bisa menjadi riset pasar bagi kami, sudah ada pabriknya, kini ada supermarket dan restorannya yang bisa langsung menjangkau masyarakat. Kami jadi tau penilaian pasar atau masyarakat secara langsung," ungkap Kautsar saat acara grand opening.


Moment spesial itu pun turut dihadiri oleh Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto. Sang wakil mengungkapkan kebanggaannya pada generasi muda yang begitu eksis dan semangat dalam menjalankan bisnis. Ia juga mendukung penuh dengan apa yang saat ini tengah dilakukan Bolekaka dan mengapresiasi dengan adanya bisnis Bolekaka yang secara tidak langsung juga membuka lahan pekerjaan bagi masyarakat Bekasi.



Selain bisa menemukan berbagai olahan dim sum frozen yang bisa dimasak di rumah, pengunjung juga bisa menyantap varian dim sum Bolekaka. Setidaknya ada 3 tipe dim sum berbeda yang ditawarkan dengan tingkatan yang berbeda pula. Yakni Dim Sum Mafia untuk pasar menengah ke bawah, Dim Sum 49 yang dihadirkan dengan harga terjangkau namun dengan kualitas yang lebih tinggi, dan juga Dim Sum Golden King sebagai dim sum premiumnya.


Ada beberapa pilihan dim sum Bolekaka yang lezat dan bisa pengunjung pesan. Sebut saja Dim Sum Golden King, Dim Sum Nori, Hakau Udang, Lumpia Nori, Dim Sum Mix, hingga Siomay Udang. Penyuka bakpao, Bolekaka juga menyediakan dim sum pao dengan berbagai varian rasa berbeda. Mulai dari Super Pao 49 Telur Asin, Super Pao 49 Ayam, Super Pao 49 Talas, Mantau Panggang, Mantau Kukus, dan lainnya. Berbagai produk itu pun ditawarkan dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 10.000,- per porsinya.