• Maria Yuliana Kusrini

Dukung Industri Kuliner Indonesia Melalui Best Eats Cares

Masa pandemi seperti saat ini begitu berimbas pada berbagai sektor bidang usaha di Indonesia. Termasuk di dalamnya, sektor industri kuliner pun turut merasakan imbas. Banyak pelaku usaha kuliner Tanah Air yang mengalami penurunan yang cukup drastis dan tak jarang hingga merumahkan karyawannya, bahkan beberapa pun sampai gulung tikar.


Melihat fenomena itu, FoodieS pun meluncurkan Best Eats Cares yang bertujuan untuk mendukung, menginspirasi, dan mendorong ekosistem F&B dan perhotelan, terutama di masa-masa yang penuh tantangan ini. Best Eats Cares ini sebelumnya adalah Jakarta's Best Eats dan Bali's Best Eats, yang selama dua tahun terakhir menobatkan restoran terbaik di Jakarta dan Bali. Dan melalui ini, Best Eats Cares ingin mencari dan memberikan penghargaan pada restoran yang dinilai paling profesional dan obyektif di Indonesia.

Best Eats Cares nantinya akan menobatkan dua restoran terbaik, yakni satu di Jakarta dan satu di Bali. Restoran yang ingin dan tertarik untuk bergabung dapat mengirimkan video berdurasi 60 detik yang menampilkan restorannya lengkap dengan makanan yang akan disajikan, tim, konsep kreatif, sekaligus memberikan alasam mengapa restorannya layak terpilih untuk special food order ini. Restoran terpilih akan menjalani proses penyaringan dan wawancara virtual dengan para juri yang adalah pakar kuliner terkemuka. Setiap restoran yang berhasil dipilih akan mendapatkan special food order senilai Rp 150 juta.

Restoran yang tertarik untuk bergabung harus berlokasi di Bali atau Jakarta, dan memiliki izin operasional (saat ini beroperasi dalam kapasitas penuh atau dengan jadwal operasi yang dikurangi), atau restoran yang tutup karena terdampak pandemic Covid-19 (tutup sejak April 2020 hingga saat pendaftaran). Restoran juga memiliki kemampuan untuk memenuhi special food order setidaknya 500 porsi makanan siap santap dalam satu hari dan menyajikan pesanan tersebut dalam rentang waktu satu bulan sejak pemberitahuan.

Hal ini, selain mendukung restoran termasuk karyawan dan vendornya, juga bermanfaat bagi orang lain. Itu karena nantinya, makanan yang dibuat oleh restoran pemenang akan disumbangkan ke frontliner rumah sakit, tenaga kesehatan, dan masyarakat terdampak pandemi yang membutuhkan. Best Eats Cares juga telah bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat yaitu Foodbank Of Indonesia, Student Union of International Class - Universitas Indonesia (STUNICA), dan Crisis Kitchen Bali untuk mendistribusikan donasi makanan tersebut.

© 2019 yukmakan channel