• Maria Yuliana Kusrini

Escape From Jakarta to Batiqa Hotel & Apartments Karawang

Mengawali tahun 2022, Batiqa Hotel & Apartments Karawang mengadakan sebuah kegiatan menarik bersama media dan juga blogger. Mengusung tema 'Escape From Jakarta' kegiatan berupa staycation ini diharapkan dapat menghadirkan pengalaman baru dalam menikmati akhir pekan di kawasan Industri ternama di Indonesia.



Batiqa Hotel & Apartments Karawang lokasinya ada di dalam kawasan industri Suryacipta City of Industri yang juga terdaftar sebagai salah satu kawasan obyek vital nasional di Indonesia. Tak hanya sebagai kota industri saja, Karawang sebenarnya menyimpan banyak pesona yang belum banyak orang ketahui. Misalnya saja untuk wisata sejarah bisa mendatangi Rengasdengklok, yakni tempat pengasingannya Bung Karno. Bisa juga mengunjungi Candi Jiwa atau Candi Blandongan, sebagai candi umat Budha. Ada juga Vihara Shian Djin Ku Poh yang lokasinya tak jauh dari Sungai Citarum, Green Canyon Loji, Curug Cigentis, Danau Cipule, Puncak Sempur, Hutan Kertas, hingga wisata kulinerannya yang seru untuk dicicipi.


"Kota Karawang selama ini dikenal sebagai kota industri. Padahal Karawang sendiri punya banyak lokasi menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, kuliner, edukasi, dan lainnya. Kawasan Suryacipta sendiri juga memiliki Organica sebagai salah satu wisata edukasi yang sangat unik dan menarik untuk didatangi. Organica ini berupa taman terapung yang hijau dan cantik dengan media tumbuhnya adalah limbah cair dari seluruh perusahaan di kawasan Suryacipta," ungkap Dinah Puja Astuti selaku General Manager Batiqa Hotel & Apartments Karawang saat acara konferensi pers dalam media gathering Escape From Jakarta, Jumat malam (14/1/2022) lalu.



Pada kegiatan 'Escape From Jakarta' ini setiap media atau blogger mendapatkan kesempatan untuk menginap satu malam di tipe kamar Apartment Room. Kamar seluas 44 sqm itu terdiri dari ruang tamu dan sekaligus dapur, kamar tidur, dan juga kamar mandi. Setelah check in, pihak Batiqa juga telah menyediakan welcome drink dan aneka kudapan yang menggugah selera. Untuk minumannya, terdapat Hot Chocolate. Sedangkan untuk kudapannya terdapat Vanilla Cookies, Dodong - salah satu dessert khas Karawang berupa olahan ketan hitam bertopping santan dan potongan nangka, Croffle Benedict bertopping telur dengan citarasa gurih, dan juga Sausage Puff Roll.



Malam harinya diadakan acara konferensi pers sekaligus makan malam yang berlokasi di Fresqa Restaurant. Untuk makan malamnya, seluruh tamu bisa menikmati hidangan yang disajikan secara buffet atau prasmanan. Ada pilihan barbeque yang ada di bagian outdoor atau teras restoran. Untuk tamu yang ingin menyantap hidangan bebakaran ini bisa menemukan daging ayam, daging sapi, sate seafood, sosis, dan lainnya. Tak ketinggalan beragam saus spesial turut menyertai, seperti saus lada hitam, saus jamur, saus bbq, dan lainnya. Acara ini pun makin meriah dengan adanya hiburan berupa live music.


Keesokan paginya, kegiatan dimulai dengan sarapan di Fresqa Restaurant dengan berbagai menu lengkap dan lezat kreasi tim dapur Batiqa. Setelahnya, rombongan media dan blogger diajak mengunjungi Organica. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari hotel menyuguhkan area taman hijau yang cantik dan instagramable. Bukan sembarang taman, Botanica ini merupakan kawasan pengolahan limbah cair dari berbagai industri di kawasan Suryacipta City og Industry Karawang. Aneka tanaman yang hidup dan tumbuh subur di taman ini hidup di air limbah yang sudah diproses sedemikian rupa hingga aman dan ramah lingkungan.


Acara pun bersambung dengan cooking class dan mini games. Cooking class dipandu oleh Chef Samuel yang diikuti oleh beberapa media atau blogger. Hidangan yang dimasak adalah salah satu menu unggulan di Batiqa Karawang, yakni Spicy Tantan Ramen. Hidangan ala Jepang ini dibuat dengan aneka bahan baku yang 80% diimpor langsung dari Jepang. Selain membuat olahan ramen, juga ada kegiatan meracik minuman dengan bahan baku berupa soda, sirup melon, buah leci, jus jeruk nipis, hingga es batu. Makanan dengan tampilan menarik dan minuman dengan citarasa yang pas di lidah pun mendapatkan hadiah persembahan Batiqa Karawang. Kegiatan siang itu pun makin seru dengan adanya beberapa mini games.



Acara pun ditutup dengan makan siang. Menu yang dihadirkan adalah Spicy Tantan Ramen yang sebelumnya sempat dijadikan menu cooking class. Olahan ramen ini memiliki citarasa yang gurih umami. Kuahnya agak pekat berwarna pucat yang di dalamnya terdapat isian mi ramen, aneka sayuran seperti pokcoy, daun bawang, bawang bombay, daging ayam, telur, dan nori. Sebagai penyempurnanya terdapat minuman Fresqa Sunrise yang menyegarkan dan memiliki tampilan begitu cantik. Kegiatan makan siang ini pun menjadi penutup sempurna dari Escape From Jakarta bersama Batiqa Hotel & Apartments Karawang.