© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

GrabExpress Recycle, Bentuk Komitmen Danone-Aqua

Banjir kembali menerjang Ibu Kota. Dari sekian banyak alasan dan penyebabnya, tentunya jumlah sampah yang semakin banyak sekaligus pembuangan yang sembarang jadi salah satunya biang masalahnya. Danone-Aqua bersama Grab pun menjalin kerjasama menarik dan ingin melibatkan masyarakat untuk turut ambil bagian dalam penanggulanan urusan sampah itu.

Melalui program bernama GrabExpress Recycle, Danone-Aqua dan Grab membangun kebiasaan daur ulang yang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik. Layanan baru di platform Grab ini pun bisa digunakan masyarakat untuk mengirimkan sampah bernilai ekonomis, terutama botol dan gelas plastik ke bank sampah terdekat. Selanjutnya, sampah itu akan dibawa ke Recycling Bussinnes Unit milik Danone-Aqua untuk diproses menjadi produk baru berupa botol plastik juga.


Jalinan kerjasama antara Danone-Aqua dan Grab ini sekaligus mendukung program Pemerintah Indonesia untuk mengurangi sampah plastik di laut. Diresmikan pada 25 Februari 2020, kerjasama ini pun berbarengan dengan moment Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.


“Sampah plastik merupakan masalah besar di Indonesia dan kami ingin mendorong banyak orang untuk ikut mengumpulkan, memilah, dan mendaur ulang sampahnya. Melalui kerjasama dengan Grab ini, masyarakat pun bisa ambil bagian untuk memberikan solusi masalah sampah di Indonesia,” ungkap Corine Tap selaku Presiden Direktur PT Tirta Investama yang menaungi Danone-Aqua.