© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Harris Cafe Konsisten Suguhkan Sajian Sehat

Restoran yang menjadi bagian dari hotel biasanya selalu menyuguhkan hidangan yang terjaga kualitas serta penyajian yang menarik. Begitu pun dengan Harris Cafe yang menjadi bagian dari Harris Hotel & Convention Kelapa Gading Jakarta. Restoran yang buka selama 24 jam setiap harinya ini tak hanya menyuguhkan sajian berkualitas dengan tampilan cantik saja, tetapi juga memiliki rasa lezat dan mengedepankan olahan yang sehat.


Prime Beef Tenderloin

Sesuai dengan konsep yang sedari awal diangkat, restoran ini memang mengusung sajian sehat. Maka tidak heran, jika setiap tamu yang datang ke tempat ini akan menjumpai sajian sehat. Makna sehat itu adalah penggunaan bahan yang segar, proses memasak tanpa menggunakan minyak goreng biasa namun diganti menggunakan minyak zaitun, tidak menggunakan MSG, penggunaan sayuran yang lebih banyak, hingga jumlah karbohidrat yang digunakan lebih sedikit.

Selain menyediakan hidangan secara buffet, setiap tamu yang datang bisa menyantap hidangan yang dipesan secara ala carte. Di kunjunganku kali ini, aku menikmati beberapa sajian mulai dari menu pembuka hingga penutup yang bisa dipastikan sebagai hidangan sehat. Tentunya ini pas dengan trend masa kini dimana orang-orang menjadi lebih peduli pada pola makan yang lebih sehat. Sebagai awalan, aku memesan minuman berupa jus bernama Cleansing. Rasanya begitu menyegarkan yang berasal dari paduan brokoli, nanas, jeruk, dan kiwi. Selain bercitarasa segar dan enak, minuman ini juga begitu menyehatkan karena menggunakan buah dan sayur segar. Meski brokoli menjadi salah satu bahannya, tetapi rasa brokolinya tidak terlalu terasa, mungkin karena tertutup penggunaan buah segarnya.



Makan sehatku kali ini diawali dengan salad sebagai sajian pembuka. Bernama Tuna Nicoise Salad, hidangan ini menggabungkan beberapa sayuran segar seperti lettuce dan romaine, alpukat, telur rebus, dan tuna yang dikolaborasikan dengan lada hitam, minyak zaitun, dan saus Vinaigrette. Tunanya demikian lembut yang dimasak medium rare berpadu dengan kondimen lainnya dan saus bercitarasa sedikit asam nan menyegarkan.

Sebagai hidangan utamanya, Harris Cafe menyediakan banyak pilihan dengan bahan baku yang juga variatif. Untuk penyuka olahan seafood, maka bisa menjadikan Pan Seared Salmon sebagai pilihan. Atau bagi penyuka olahan daging sapi bisa memilih Prime Beef Tenderloin. Keduanya punya cara penyajian yang sama-sama cantik dengan citarasa yang juga sedap. Pan Seared Salmon tersaji dalam piring hitam dari batu yang ditata cantik. Salmon sekitar 150 gr dipotong menjadi 3 bagian dan dibumbui hanya dengan menggunakan lada dan garam kemudian di pan sear lalu dipanggang dalam oven selama 5 menit. Salmon ini disandingkan unik dengan aneka sayuran dan saus BBQ.


Pan Seared Salmon

Prime Beef Tenderloin menjadikan daging sapi seberat 180-200 gr sebagai bahan utamanya. Menggunakan daging asal Australia sehingga tekstur dagingnya begitu lembut dan juicy saat disantap. Dimasak dengan tingkat kematangan medium rare, steak ini ditemani dengan asparagus, wortel, timun, jagung muda, serta paduan saus black pepper dan red wine. Kolaborasi olahan daging sapi ini begitu istimewa dan tepat dengan berbagai kondimen yang digunakan.

Untuk menutup berbagai hidangan istimewa yang telah disantap, dessert bernama Vanilla Pannacotta with Mango Sauce paling tepat untuk dipesan. Pannacotta yang lembut ini menggunakan vanilla bean sehingga rasanya terasa lebih kuat dan nikmat. Pannacota berpadu sempurna dengan saus mangga yang digunakan serta es krim rasa cokelat. Potongan buah strawberry dan anggur menambah sensasi berbeda dari dessert satu ini.


Vanilla Pannacotta with Mango Sauce

Meski cukup banyak menu yang dipesan dan dinikmati, tapi aku pribadi tidak merasa khawatir sama sekali. Itu karena aku percaya jika seluruh hidangan di tempat ini dibuat menggunakan bahan baku pilihan dan berkualitas serta melalui proses pemasakan yang tepat. Citarasa dari setiap masakan yang tersaji juga sedap di lidah. Soal harga… cukup bersahabat kok, sesuai dengan sajian yang kita dapat.

Harris Cafe

Harris Hotel & Convention Kelapa Gading Jakarta, Sentra Kelapa Gading, Jl. Bulevar Kelapa Gading Blok M, Kelapa Gading, Jakarta Utara

021 – 45878200