• Maria Yuliana Kusrini

Hor Mok Talay: Hidangan Spesial The Slate Hasil Kreasi Chef Piak

The Slate merupakan salah satu resort cantik pinggir pantai yang ada di kawasan Phuket, Thailand. Pengunjung yang datang ke tempat ini akan dimanjakan dengan pemandangan indah, fasilitas resort terbaik, dan tentunya beragam hidangan dengan citarasa otentik Thailand selatan.



The Slate memiliki Black Ginger yang dihadirkan menyerupai desa kuno Thailand mengapung di atas laguna yang tenang dan hanya dapat diakses dengan rakit. Menyuguhkan suasana mempesona, tamu yang bersantap di tempat ini akan menikmati beragam kuliner terbaik hasil kreasi Chef Anongrat Piak Meklai dan tim dapurnya. Masakannya dibuat menggunakan bahan-bahan segar lokal dengan resep unggulan serta teknik memasak kontemporer. Tak mengherankan jika hidangan di sini pun direkomendasikan oleh Michelin Guide.


Belum lama ini Chef Piak memberikan resep Hor Mok Talay yang telah direkomendasikan oleh Michelin Guide. Hor Mok Talay merupakan salah satu sajian rumahan Thailand. Biasanya, menu ini bisa ditemukan di warung pinggir jalan, tempat makan yang dikelola keluarga, hingga restoran di seluruh provinsi selatan Thailand.


Makanan satu ini berupa mousse atau puding yang menjadikan seafood sebagai bahan utamanya. Seafood yang digunakan mulai dari udang, cumi-cumi, dan ikan kakap merah segar yang berasal dari Laut Andaman. Aneka seafood itu pun dicampur bersama dengan santan, pasta kari merah, daun jeruk purut, kecap ikan, gula pasir, dan daun cha-plu. Hidangan ini begitu lembut dengan sensasi manis, asam, pedas, dan asin.


Hor Mok Talay bisa dijadikan camilan, namun bisa juga dinikmati bersama nasi melati. Chef Piak sendiri suka menyajikannya dengan Salad Bok Choy asal Asia Tenggara. Salad ini dimasak dengan aneka bumbu seperti bawang merah, daun bawang, daun kemangi, ketumbar, cabai merah, gula, kecap ikan, dan air jeruk nipis. Saat menikmatinya, akan terasa lebih spesial jika ditemani segelas anggur putih segar yang dingin, seperti Reisling.


“Di Black Ginger, kami bangga menampilkan masakan Thailand Selatan terbaik kepada dunia. Hal yang fantastis tentang Hor Mok Talay adalah pembuatannya yang tidak rumit, tetapi terasa eksotis dan menciptakan hubungan sensorik lintas benua. Sebagian besar bahannya pun mudah dibeli di supermarket. Misal kesulitan membeli daun cha-plu, maka bisa menggantinya dengan daun salad. Sedangkan bagi para vegetarian, dapat mengganti seafood dengan tahu,” ungkap Chef Piak selaku Sous Chef The Slate sekaligus pengawas Black Ginger.


Tak hanya punya resep andalan Her Mok Talay, Chef Piak yang memiliki pengalaman

kuliner Thailand selama 28 tahun itu pun juga punya resep tradisonal Som Yam dan Tom Yum yang begitu istimewa.