• Maria Yuliana Kusrini

Ikan Bakar Dalam Bambu di Karimata

Karimata pertama kali buka sekitar tahun 2011 dan outlet pertamanya berlokasi di Sentul, Bogor. Sukses dengan outlet pertama, Karimata pun membuka outlet keduanya di Jakarta. Mengambil lokasi di Taman Anggrek Indonesia Permai yang berdekatan dengan Taman Mini Indonesia Indah.


Karimata ini menempati area yang cukup besar dan terlihat begitu menarik. Mampu menampung hingga 600 orang, ruang restorannya dipercantik dengan lampu yang tergantung di langit-langit restorannya. Nuansa itu pun makin istimewa dan kian mengesankan dengan deretan menu yang disuguhkan.

Salah satu sajian khas dan unggulannya adalah Ikan Patin Bakar Bambu. Hidangan yang satu ini menjadi hidangan andalan di Karimata. Jadi bagi setiap tamu yang datang, jangan sampai melewatkan menu yang satu ini. Makanan ini dihadirkan dalam buluh bambu yang berwarna hitam, terlihat bekas tanda dibakar. Bambu sudah dalam keadaan terbelah, sehingga tamu tidak merasa kesulitan untuk bisa mengambil ikan patin yang ada di dalamnya.



Ikan patinnya sendiri penuh dengan lumuran bumbu spesialnya dan terbungkus dalam daun pisang. Berkat penggunaan bumbunya itu sehingga membuat aroma makanan ini begitu harum. Rasa yang dimunculkan juga cukup unik dan kaya akan rempah. Sepiring nasi akan menjadi kawan terbaik untuk menikmati Ikan Patin Bakar Bambu yang seporsinya bisa dinikmati oleh beberapa orang ini.


Selain ikan bakar yang disajikan dalam bambu ini, Karimata juga punya deretan lauk lain yang menggugah selera. Misalnya saja aneka olahan udang, cumi goreng tepung, ayam rica, gado-gado, dan masih banyak lainnya. Hidangan lain yang juga bisa ditemukan adalah Sup Kulit Tahu Pedas Kemangi. Seporsi menu berkuah bening hangat ini berisikan kulit tahu, taburan daun kemangi segar, potongan tomat hijau, dan juga cabai rawit utuh. Sup ini punya karakter rasa yang ringan dan menyegarkan.


Selain menyediakan aneka lauk pauk, juga ada camilan pendamping. Salah satunya adalah Pisang Goreng Pasir. Sesuai namanya, camilan ini menjadikan pisang sebagai bahan utamanya yang digoreng dengan balutan tepung panir, kemudian diberi taburan gula halus. Seporsinya isi 3 buah, yang dihadirkan dengan tampilan layaknya pisang goreng kebanyakan.

Karimata

Taman Anggrek Indonesia Permai, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur

021 – 29468156

© 2019 yukmakan channel