• Maria Yuliana Kusrini

Ini Dia 13 Pemenang eKuliner Awards 2021 Persembahan Paxel


Pada 30 Juli 2021 lalu, Paxel mengadakan acara bertajuk ‘eKuliner Awards 2021’. Ajang penghargaan yang berlangsung secara online itu turut menggandeng Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. eKuliner Awards 2021 ini diberikan pada para pelaku UMKM Kuliner di Paxel yang memiliki transaksi penjualan tertinggi selama periode Lebaran 2021. Berikut ini 13 UMKM Kuliner Nusantara yang berhasil mendapatkan eKuliner Awards 2021.


1. Pempek Cuko Sedap

Usaha kuliner ini dirintis oleh Hendry sejak tahun 2007. Sejak awal berdiri, sang pemilik memang hanya fokus berjualan secara online saja alias tidak membuka rumah makan. Sesuai dengan namanya, pempek khas Palembang ia jadikan sebagai menu unggulan dari usahanya ini. Citarasa yang lezat serta kuah cukonya yang spesial menjadikan menu pempeknya sukses dicintai oleh masyarakat Jabodetabek hingga Bandung. Pempek Cuko Sedap ini pun sukses menjadi Kuliner Online Favorit Dari Kota Jakarta.


2. Catering Si Babah

Catering Si Babah ini berhasil menjadi Kuliner Online Favorit Dari Kota Bogor. Bisnis kuliner miliki Riza ini dimulai dari warung nasi pada tahun 2013 lalu. Hingga di tahun 2015, ia pun mulai berjualan online nasi box di dalam Kota Sukabumi. Peningkatan pun terlihat di tahun 2021 ini, Catering Si Babah mulai berjualan produk empal hingga keluar kota. Bahkan produk empal dari Catering Si Babah ini sempat terjual hingga 600 kotak per harinya.




3. Venus Tweets

Kuliner Online Favorit Dari Kota Depok berhasil diraih oleh Venus Tweets. Bisnis kuliner ini dimiliki oleh Driana. Sebelum menjalankan usaha ini, ia sudah lebih dulu mencoba bisnis bidang lain secara online di tahun 2017. Pada tahun 2020, ia pun mencoba usaha di bidang kuliner dengan menjual sosis dan molen. Ia selalu berinovasi dengan menunya agar para pelanggannya tidak merasa bosan.



4. Broth Mama

Broth Mama berdiri sejak tahun 2019 dan langsung fokus pada penjualan online. Broth Mama yang berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas produknya ini pun berhasil meraih penghargaan sebagai Kuliner Online Favorit Dari Kota Tangerang. Selain punya kualitas produk yang baik, sang pemilik juga wajib menggunakan ekspedisi yang cepat dan terpercaya seperti Paxel sehingga produknya sampai ke tangan konsumen dalam kondisi baik.



5. Kedai Dimsum

Kuliner Online Favorit Dari Kota Bekasi didapatkan oleh Kedai Dimsum. Bisnis ini dirintis secara online oleh Anick sejak tahun 2018. Impian dari pemilik Kedai Dimsum adalah produk dimsumnya yang dibuat beku bisa dikenal oleh lebih banyak orang. Maka dari itu ia menjadikan Paxel sebagai pilihannya dan ia begitu yakin jika pelayanan Paxel terbaik dan bisa menjangkau lebih banyak kota.



6. Bakakak Ayam Kampung

Pandemi melahirkan sebuah ide baru bagi pemilik dari bisnis kuliner Bakakak Ayam Kampung ini. Mengedepankan visi untuk mendukung UKM produsen Bakakak Ayam Kampung yang terkena imbas sepinya pembeli saat pandemi, hingga melahirkan ide untuk menjual secara online. Di awal tahun 2020 itu penjualan dimulai dari pelanggan di dalam Kota Bandung. Hingga akhirnya memulai ekspansi keluar kota dan banyak peminatnya. Tak heran jika Bakakak Ayam Kampung ini pun mendapatkan penghargaan sebagai Kuliner Online Favorit Dari Kota Bandung.


7. Asla Birdnest Tangerang

Sedikit berbeda dengan produk lainnya, Asla Birdnest Tangerang lebih masuk dalam kategori suplemen kesehatan. Produk minuman sarang burung wallet ini mulai dijalankan sejak tahun 2019 lalu. Di masa pandemi pun penjualan semakin tinggi dan banyak dipesan oleh konsumen di luar Kota Semarang, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, hingga Surabaya. Kuliner Online Favorit Dari Kota Semarang pun sukses diraih oleh Asla Birdnest Tangerang ini.


8. Ayam Bebek Pio

Kuliner Online Favorit Dari Kota Solo pun didapatkan oleh Ayam Bebek Pio. Usaha ini sudah ada sejak tahun 2019 dengan total penjualan 600 porsi per hari untuk makan di tempat dan juga pemesanan online. Semenjak masa pandemi, Ayam Bebek Pio pun mulai menjual pilihan frozen food agar bisa dikirimkan keluar kota bahkan keluar negeri. Produk dari Ayam Bebek Pio ini sudah dikirimkan hingga ke Singapura dan juga Amerika.



9. Delicia Bakery

Delicia Bakery ini meraih penghargaan sebagai Kuliner Online Favorit Dari Kota Yogyakarta. Berdiri sejak tahun 1989, Delicia Bakery terus komitmen untuk menjaga kualitas produknya. Tak hanya itu saja, konsisten pada promosi produk dan memberikan solusi ke konsumen juga jadi tanggung jawab tersendiri. Kini Delicia Bakery memiliki mimpi lebih tinggi agar penjualan onlinenya dapat lebih meningkat lagi.



10. Bakwan Sowan

Bergeser ke wilayah Jawa Timur, UMKM bernama Bakwan Sowan pun sukses menjadi Kuliner Online Favorit Dari Kota Surabaya. Bakwan Sowan awalnya menjadi proyek iseng-iseng Albert di tahun 2016. Baru di tahun 2019, ia pun menjadikannya sebagai bisnis yang serius. Dari awal berdiri, Bakwan Sowan sudah fokus pada penjualan online. Bakwan Sowan percaya bahwa konsisten dan persisten adalah kunci untuk bertahan dan berkembang.



11. Bakso Ndeso Malang

Masih dalam area Jawa Timur, Bakso Ndeso Malang pun berhasil menjadi Kuliner Online Favorit Dari Kota Malang. Usaha Bakso Ndeso Malang ini bermula di tahun 2012 dan melayani untuk area Malang saja. Baru sejak tahun 2020, Bakso Ndeso Malang mulai berjualan hingga keluar kota dan mengalami peningkatan secara signifikan sejak bekerjasama dengan Paxel.



12. Babi Guling Karya Rebo

Babi Guling Karya Rebo berdiri sejak tahun 1991 yang berlokasi di pulau Dewata, Bali. Saat pandemi di awal tahun 2020 lalu, bisnis kuliner ini pun mencoba peruntungan dengan menjual produknya secara online. Dan ternyata penjualan babi gulingnya meningkat hingga 40% semenjak berjualan online. Karena inilah Babi Guling Karya Rebo pun mendapatkan penghargaan sebagai Kuliner Online Favorit Dari Kota Denpasar. Kini, Babi Guling Karya Rebo ingin menciptakan produk baru yang dapat dijual online dan dapat dikirimkan secara aman hingga keluar Bali.



13. Bakso Ati Raja

Bakso Ati Raja sudah berdiri selama 15 tahun lamanya di Makassar dan berjualan secara online 5 tahun terakhir. Kuliner Online Favorit Dari Kota Makassar pun didapatkan oleh Bakso Ati Raja. Itu karena Bakso Ati Raja memiliki pelanggan luar kota terbanyak di kawasan Jabodetabek dan Surabaya. Saat ini, pemilik usaha Bakso Ati Raja memiliki mimpi agar usahanya bisa lebih maju, penjualan online semakin banyak, dan jangkauan luar kota bisa lebih luas lagi.