top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Jakarta Wine Festival 'Art of Celebration'

Perhelatan seputar wine, yakni Jakarta Wine Festival untuk pertama kalinya diadakan di Jakarta. Digelar antara 31 Agustus hingga 2 September 2023, Jakarta Wine Festival berlangsung di Astha Mall District 8. Jakarta Wine Festival ini diprakarsai oleh Pritha Casadevall selaku pendiri Komunitas Jakarta Wine Club Series dan juga Poetri Andayani. Event ini pun diharapkan dapat menjadi wadah edukasi dunia wine untuk berbagai kalangan.



Jakarta Wine Festival yang baru pertama kalinya dilangsungkan ini mengusung tema 'Art of Celebration'. Tema ini diusung sebagai tema inklusif yang menyatukan penikmat wine, penikmat seni, dan siapa saja yang tertarik untuk lebih lagi merayakan kehidupan. Sehingga kegiatan ini pun tak hanya menghadirkan ragam pilihan wine dari berbagai negara saja, tetapi juga menghadirkan produk pendukung lainnya.


Berkunjung ke Jakarta Wine Festival, pengunjung dapat mencoba deretan wine dan makanan yang dihadirkan. Ada lebih dari 300 jenis wine lokal dan mancanegara yang dapat dicicipi dengan cara membeli token wine tasting seharga Rp 349.000,- per satuannya. Token wine tasting ini pun dapat ditukarkan dengan 5 tasting wine dan 1 buah gelas. Menghindari kesalahan dalam memilih wine, para pemula dapat mengikuti Jakarta Wine Festival private

tour untuk mendapatkan penjelasan mengenai wine dari semua tenant sebelum menggunakan tokennya.


Untuk bisa menikmati makanan, pengunjung bisa membeli Token Food senilai Rp 200.000,- per satuannya. Token Food itu dapat ditukarkan menu cheese platter, oyster, dan makanan di tenant Ashta yang berpartisipasi. Sebagai dukungan dalam menjaga lingkungan, para tenant tidak akan menyediakan gelas tasting. Gelas untuk mencicipi akan disediakan melalui token yang sudah termasuk mendapatkan sebuah gelas wine yang dapat dibawa pulang. Bekerja sama dengan mitra daur ulang, Octopus Indonesia, botol wine yang sudah tidak terpakai akan didaur ulang 100%.



Selain bisa menikmati wine dan makanan pendampingnya, Jakarta Wine Festival juga mengadakan kegiatan workshop. Total ada 20 workshop mengenai wine, seni, kuliner, kesehatan mental, dan sustainability yang dilangsungkan. Berbagai workshop itu dirancang untuk pemula di dunia wine hingga para expert. Bagi pemula, ada workshop mengenal varietas wine, mengenal gelas wine, cara membaca menu wine, dan lainnya. Untuk level selanjutnya, ada wine and cheese pairing, wine and seafood pairing, serta food pairing dengan chef ternama. Tak ketinggalan, juga ada sertifikasi Wine & Spirit Education Trust (WSET) level 1 dalam program Jakarta Wine Festival ini.


"Jakarta Wine Festival ini baru pertama kalinya kami adakan. Misi kami adalah untuk mempromosikan dan mengapresiasi wine berkualitas serta menciptakan moment tak terlupakan bagi penggemar wine di Jakarta dan sekitarnya. Siapa pun bisa datang ke event kita ini dan menciciipi ragam wine yang ada di sini," terang Pritha.

Comments


bottom of page