• Maria Yuliana Kusrini

Jalan-jalan Kuliner di Banten

Banten merupakan salah satu wilayah yang letaknya tak jauh dari Jakarta. Selain terkenal dengan beberapa lokasi wisata alam berupa pantai yang indah, Banten juga memiliki sajian kuliner yang tak bisa diabaikan. Sate bandeng, rabeg, hingga emping ceplis menjadi makanan khas yang menjadi ikon Banten. Berikut ini, lokasi kuliner yang juga dapat dinikmati saat berada di Banten.


Rabeg Khas Serang H. Naswi (Magersari)

Rabeg yang ditawarkan di sini punya rasa yang khas. Tampilannya seperti rawon yang khas dengan kuah berwarna kecokelatan dengan daging kambing atau sapi serta jerohan sebagai bahan bakunya. Kuahnya encer, namun kaya akan bumbu rempah. Pertama kali menyeruput kuahnya, pedasnya lada dan jahe terasa kuat menyergap mulut. Selain lada dan jahe, rabeg juga menggunakan bumbu lainnya, seperti lengkuas, jeruk nipis, dan bumbu rahasia lainnya. Rabeg Daging Sapi punya olahan daging sapi yang sangat empuk, karena sebelum dimasak menjadi rabeg, daging sapi direbus terlebih dahulu selama dua jam.

Jl. Mayor Syafe’I No. 30, Serang, Banten

0254 – 221234


Sate Bandeng Ibu Mulyati

Datang ke Banten, tapi belum mencoba Sate Bandeng rasanya tak afdol. Jadi, jika datang ke Banten, jangan lewatkan makanan yang satu ini. Sate Bandeng khas Banten berupa ikan bandeng utuh yang tulang durinya telah diambil kemudian dimasak dengan santan lalu dibakar. Layaknya sate pada umumnya, Sate Bandeng khas Banten juga ditusuk dengan potongan bambu. Dari sekian banyak penjual Sate Bandeng, Sate Bandeng Ibu Mulyati menjadi salah satu penjual Sate Bandeng yang telah bertahan 20 tahun lamanya.

Jl. Raya Pandeglang No. 91, Kampung Karundang, Serang, Banten

0254 – 204860



Tasya (Oleh-oleh Khas Banten Bpk. H. Rochman)

Ke Banten jangan lupa bawa oleh-oleh Emping Ceplis ya! Camilan ini bisa ditemukan di toko oleh-oleh kawasan Pasar Lama Serang. Salah satunya toko oleh-oleh khas Banten bernama Tasya milik Bapak H. Rochman. Lokasinya ada di pinggir jalan Maulana Hasanudin. Toko terlihat ramai dengan aneka makanan yang berjajar dan tergantung rapi di bagian depan toko. Di toko Tasya ini, pengunjung bisa menemukan Emping Ceplis siap makan dengan tiga varian rasa berbeda, yakni pedas, manis, dan asin. Berbagai cemilan lain juga ada di sini, seperti Gipang, manisan, sale pisang, dodol, sagon, kerupuk, kacang, aneka keripik, dan camilan lainnya.

Jl. Maulana Hasanudin Pasar Lama Serang, Banten

0254 – 220583



Otak-otak RM Ibu Entin

Usai menikmati indahnya Pantai Carita, paling pas mampir di Otak-otak RM Ibu Entin. Rumah makan ini letaknya memang tidak terlalu jauh dari Pantai Carita. Di bagian depannya terdapat panggangan yang biasa digunakan untuk membakar otak-otak dan aneka lauk seperti daging sapi, ikan, udang, cumi dan lainnya. Otak-otak di tempat ini menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Selain rasanya yang enak dan terkenal, ukuran otak-otaknya juga tergolong lumayan besar.

Depan Kantor Pengadaian, Jl. Raya Labuan-Carita, Pandeglang, Banten

081321665500