top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Jelajahi Kekayaan Kota Jember di Moment HUT HAM Ke-15



Tahun 2022 ini, tepatnya di bulan November, Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta merayakan hari jadinya yang ke-15. Di kesempatan baik itu, Kota Jember yang ada di kawasan Jawa Timur pun dijadikan destinasi pilihannya. Selama 4 hari 3 malam, sekitar 25 media nasional berangkat dari Jakarta dan melakukan perjalanan ke Kota Jember yang dikenal akan Jember Fashion Carnivalnya yang begitu mendunia.


Di setiap moment ulang tahunnya, HAM Jakarta memang selalu mengadakan perayaan di tempat berbeda. Tak hanya sekedar acara ulang tahun saja, kegiatan itu juga sekaligus menggali dan mengeksplor kekayaan dari suatu daerah yang dituju. Baik itu dari segi pariwisata, kuliner, sektor bisnis dan ekonomi, serta berbagai hal menarik lainnya. Sebelumnya, HAM Jakarta telah sukses melangsungkan acara di wilayah Wonosobo+Purwokerto (tahun 2020) dan Semarang (tahun 2021).



Jember dijadikan destinasi pilihan HUT HAM ke-15 karena Kota Jember menyimpan banyak keelokan yang mungkin tak banyak orang ketahui. Selain memiliki festival fashion dengan busana yang menakjubkan, Jember juga memiliki area wisata alam yang luar biasa indah, pilihan wisata edukasi, dan juga kota yang mampu memproduksi berbagai produk terbaik yang tak disangka-sangka. Sebut saja Pantai Papuma berpasir putih dengan pemandangan indah yang cocok dijadikan pilihan untuk melihat matahari terbit. Ada juga wisata edukasi sepeti Museum Tembakau, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Mitratani27 dengan produk edamame unggulannya, hingga produk Bin Cigar yang produknya sudah mendunia.


Selain itu, Jember juga punya pilihan kuliner yang seru untuk didatangi. Mulai dari tempat makan legendaris bernama RM. Lestari yang telah berdiri sejak tahun 1982 dengan menu unggulan Lidah Sapi Goreng dan juga Gurame Sambal Cabai Hijau. Jember juga punya banyak camilan khas yang unik untuk dinikmati. Sebut saja Suwar Suwir, Proll Tape yang terbuat dari singkong kuning, Edamame Crispy, minuman Wedang Cor, dan masih banyak lainnya. Beragam makanan khas Jember itu pun bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Jember. Salah satu outlet oleh-oleh yang bisa dikunjungi adalah Primadona.


Hendy Siswanto selaku Bupati Jember begitu antusias dengan acara yang digelar HAM Jakarta kali ini dan menyambut baik hadirnya HAM Jakarta di kediamannya. Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada HAM Jakarta yang menjadikan Jember sebagai kota pilihan untuk perayaan hari ulang tahunnya yang ke-15. “Media adalah jendela dunia. Jendela dunia ini adalah HAM. Kita sebagai warga Jember hanya mempunyai jendelanya. Kalau nggak dibuka, maka nggak akan nampak. Jika HAM yang membuka, maka akan lebih terlihat dan nampak. Sudah saatnya bagi Kabupaten Jember untuk berbenah. Dan kami berbenah dengan tiga pilar utama yaitu, berkolaborasi, bersinergi, dan akselerasi. Cara mengakselerasi Jember adalah dengan branding. Jember tak perlu malu untuk membranding dengan suatu event yang sudah eksis, sebut saja seperti Jember Fashion Carnaval, memanfaatkan momentum Piala Dunia Qatar 2022 kali ini, hingga membonceng event Jember Kota Cerutu Indonesia, dan seterusnya,” lanjut Hendy.



Perayaan HUT HAM ke-15 ini pun berlangsung dengan sangat baik karena dukungan penuh dari berbagai pihak. Mulai dari Dafam Hotel Management, ARTOTEL Group, Pemerintah Kabupaten Jember, dan para sponsorship mulai dari maskapai penerbangan Super Air Jet, McDonald's, Malaysia Tourism, TTC Indonesia, Superindo, Sriboga, dan para pelaku industri perhotelan lain seperti Archipelago International, IntiWhiz, Horison Group, Khas hotel management, dan lainnya.

Comentários


bottom of page