top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Kampoeng Kopi Banaran Resmi Dikelola PT. Dyandra Promosindo

Kampoeng Kopi Banaran merupakan sebuah kawasan agrowisata yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah yang dinaungi oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX). Memiliki komitmen untuk lebih mengembangkan kawasan ini menjadi lebih baik lagi, maka PT. Dyandra Promosindo pun digandeng dan dipercaya untuk mengelola Kampoeng Kopi Banaran.



Penandatanganan kerjasama pun dilakukan pada 15 Februari 2021 lalu yang berlangsung di Banaran Sky View, Kampoeng Kopi Banaran. Kegiatan penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Wispramono Budiman selaku SEVP Business Support PTPN IX dan Hendra Noor Saleh sebagai Direktur Utama PT. Dyandra Promosindo. Dengan adanya kerjasama ini, maka pengelolaan terintegrasi Kampoeng Kopi Banaran seluas 40 hektar pun dipegang oleh PT Dyandra Promosindo selama 10 tahun, yang ke depannya dapat diperpanjang lagi.


PT. Dyandra Promosindo nantinya akan mengelola aspek pengembangan infrastruktur, eduwisata dan ekowisata, termasuk pelaksanaan event dan kegiatan lainnya. Termasuk juga bertanggung jawab untuk pengembangan resto, pengembangan sky view, pengembangan kegiatan luar ruang, glamping, museum kopi, merchandise, resort, bahkan pengembangan hotel untuk jangka panjang. Diharapkan Kampoeng Kopi Banaran sebagai kawasan agrowisata di Semarang ini mampu menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di kawasan Joglosemar maupun di wilayah Jawa Tengah. Jumlah kunjungan wisata domestik maupun mancanegara ke Semarang pun akan meningkat.



“Beberapa infrastruktur dan program wisata yang sudah berjalan dengan baik akan dikelola lebih baik lagi agar memperoleh hasil yang jauh lebih signifikan. Beberapa infrastruktur yang sudah ada dan berjalan, saya rasa sudah baik dan kami berkomitmen untuk meneruskannya. Kami juga melihat beberapa infrastruktur dan program wisata yang bagus untuk dikembangkan namun belum dimaksimalkan di Kampoeng Kopi Banaran. Hal ini yang akan menjadi fokus pertama kami sebagai pengelola kawasan agrowisata ini,” terang Hendra Noor Saleh selaku Direktur Utama PT. Dyandra Promosindo.


Hal yang sama pun diharapkan oleh pihak PTPN IX yang memilih PT Dyandra untuk menjalani kerjasama ini. “Kami yakin Dyandra sebagai mitra telah memiliki banyak pengalaman dan kompetensi yang baik. Karena itu kami mempercayakan pengelolaan Kampoeng Kopi Banaran kepada PT. Dyandra Promosindo untuk menjalankan strategi pengembangannya,” ujar Wispramono Budiman selaku SEVP Business Support PTPN IX.



bottom of page