• Maria Yuliana Kusrini

Kenali Rasanya Indonesia Pada 90 Tenant Kuliner Legendaris di Festival Jajanan Bango 2022


Produk kecap Bango produksi PT. Unilever Indonesia Tbk. kembali menghadirkan festival kuliner yang pastinya sudah sangat ditunggu-tunggu masyarakat di Tanah Air. Bernama Festival Jajanan Bango (FJB), festival kali ini mengusung tema “Kenali Rasanya Indonesia”. Berlangsung antara 28-30 Oktober 2022, ajang tahunan ini diselenggarakan di area Plaza Timur dan Parkir Timur GBK, Senayan, Jakarta. Setidaknya ada 90 tenant kuliner Nusantara legendaris yang turut meramaikan.



FJB 2022 kali ini mengusung semangat peringatan Hari Sumpah Pemuda yang pembukaannya bertepatan di tanggal 28 Oktober 2022. Gelaran festival yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia hadir untuk menyatukan tekad seluruh Pejuang Rasanya Indonesia dalam mengenali, mencintai, dan melestarikan aneka kuliner otentik Nusantara. FJB 2022 menyuguhkan aneka kelezatan kuliner otentik dari Sabang sampai Merauke, dan membawa langsung pejuang rasa dari berbagai wilayah Nusantara. Dari 90 tenant yang ada, 10 di antaranya merupakan penjaja kuliner yang dipilih langsung oleh masyarakat melalui gerakan #PejuangRasanyaIndonesia.


“Festival Jajanan Bango merupakan bentuk kolaborasi antara Kemenparekraf RI dengan Unilever Indonesia melalui Bango yang turut memperkuat program ‘Indonesia Spice Up the World’ dalam memperluas pemasaran produk bumbu rempah Indonesia. Dimana kecap adalah salah satu bumbu yang menjadi ciri khas yang sekaligus mempersatukan keragaman kuliner Indonesia. Tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang diangkat di Festival Jajanan Bango kali ini diharapkan mampu merepresentasikan kekayaan ragam kuliner Nusantara di dunia. Eksplorasi kekayaan kuliner Indonesia perlu terus dilakukan untuk mendorong kiprah para UMKM sektor kuliner sehingga mampu berkontribusi pada perekonomian bangsa. Saya mengapresiasi pelaksanaan gelaran tahunan Festival Jajanan Bango sebagai salah satu medium yang efektif untuk memperkenalkan aneka kuliner otentik sekaligus sosok-sosok pengusaha UMKM kuliner tradisional yang legendaris kepada masyarakat luas,” terang Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.


Peresmian FJB 2022 turut didukung oleh mitra pelaksana lainnya, yaitu Gojek melalui acara seremonial pemberangkatan 30 pengendara Gojek yang berkeliling Jakarta untuk mengundang sebanyak mungkin warga Ibu Kota hadir di area festival. Pengunjung FJB 2022 yang datang dapat menemukan tenant yang terbagi atas beberapa area. Yaitu Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur. Beberapa kuliner legendaris yang pastinya memanjakan lidah yang bisa ditemui antara lain Sate Kuah Pontianak Bang Anek, Soto Banjar “Nyaman” Antasari Ibu Hj. Amir, Lontong Balap Asli Pak Gendut Surabaya, Nasi Krawu Bu Tiban Gresik, Sate Padang Ajo Ramon, Mie Aceh Seulawah, Sop Konro Karebosi, Bakso Ati Raja Makassar, Sate Rembiga Hj Sinnaseh, dan masih banyak lainnya.



Selain aneka kuliner Nusantara yang memanjakan selera, sebagai ciri khas FJB, yakni Galeri Bango juga kembali hadir. Melalui Galeri Bango ini pengunjung FJB diajak mengamati proses pembuatan kecap berkualitas dari mulai pembibitan kedelai hitam berkualitas hingga teknis produksi terkini, keanekaragaman kuliner Indonesia, hingga berbagai memorabilia unik. Selain itu, berbagai acara menarik lainnya juga diselenggarakan untuk kian meramaikan acara, mulai dari hiburan musik yang kental dengan tradisional, demo memasak, dan berbagai acara menarik lainnya.


“Kelezatan aneka kuliner Indonesia memang sangat identik dengan penggunaan kecap yang berkualitas. Selama 94 tahun, Bango selalu konsisten menjaga kualitas dengan penggunaan 4 bahan alami terbaik dan proses pembuatan yang otentik. Bango juga secara konsisten menjalankan purposenya melestarikan kuliner otentik Indonesia yang kami wujudkan melalui perhelatan Festival Jajanan Bango (FJB) sejak tahun 2005. Kami harap setelah dua tahun dilaksanakan secara virtual, FJB 2022 akan mampu melepas kerinduan masyarakat akan aneka kelezatan kuliner otentik Indonesia. Semoga FJB 2022 juga akan semakin membangkitkan semangat seluruh pecinta kuliner untuk terus mengeksplorasi dan menghidangkan masakan Indonesia demi kelestarian kuliner bangsa dari generasi ke generasi,” terang Amaryllis Esti Wijono selaku Direktur Nutrition PT. Unilever Indonesia, Tbk.


Di hari terakhir penyelenggaraan FJB 2022 mendapat kunjungan istimewa dari sejumlah tamu kehormatan. Mereka adalah Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan Republik Indonesia, dan juga Triawan Munaf, Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI (Bekraf RI). Secara kolektif, mereka menyatakan apresiasi dan kebanggaan terhadap penyelenggaraan FJB setiap tahunnya, dan menyampaikan harapan mereka terhadap kontribusi festival kuliner akbar ini terhadap kemajuan industri kuliner Tanah Air.