• Maria Yuliana Kusrini

Kulineran di Cloud Kitchen Jakpreneur Ruang Rasa, ITC Kuningan Jakarta

Serunya kuliner memang tak bisa ditolak oleh siapapun juga. Wajar jika pada akhirnya, kini kuliner punya posisi yang begitu penting dan banyak dijadikan sebuah alternatif bisnis yang menjanjikan. Apalagi di masa pandemi, bisnis kuliner khususnya online mengalami peningkatan yang sangat signifikan.


Melihat fenomena seperti itu, dilakukanlah kolaborasi antara Jakpreneur Ruang Rasa dengan ITC Group. Kolaborasi ini berupa Start Up Cloud Kitchen Jakpreneur Ruang Rasa yang dihadirkan di dalam ITC yang tersebar di seluruh Jakarta. Sebagai lokasi pertamanya ada di ITC Kuningan, Jakarta Selatan yang akan segera disusul oleh ITC Permata Hijau dan ITC Fatmawati, serta ITC lainnya. Start Up Cloud Kitchen Jakpreneur Ruang Rasa ini menjadi wadah bagi para UMKM khusus kuliner yang bergabung di Jakpreneur untuk maju dan berkembang bersama dengan sistem dapur satelit.


Mengusung slogan 'Bukan Dapur Biasa', Cloud kitchen Jakpreneur Ruang Rasa menerapkan quality control dan standarisasi yang disupervisi secara ketat oleh Branch Manager di setiap lokasinya. Mulai dari kebersihan areanya, keamanan, proses dan pelayanan, standarisasi untuk menjaga kualitas dari citarasa dari masing-masing tenant, hingga penerapan protokol kesehatan. Tentunya melalui wadah yang begitu baik ini, para pelaku UMKM pun akan sangat terbantu dan dimudahkan, sekaligus dapat memajukan usaha para pelaku bisnis kuliner tersebut. Apalagi para pelaku UMKM yang tergabung di Cloud kitchen Jakpreneur Ruang Rasa ini akan diberikan fasilitas 7P, yaitu Pendaftaran, Pelatihan, Pendampingan, Perizinan, Pemasaran, Pelaporan, dan Pemodalan.


Jalinan kolaborasi antara Cloud kitchen Jakpreneur Ruang Rasa dan ITC Group ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Eliabeth Ratu Rante Allo pada 17 November 2021 yang berlokasi di ITC Kuningan. Di sini, sedikitnya ada 100 UMKM yang bergabung dengan menawarkan sekitar 300 pilihan makanan dan minuman. Sebut saja Suwe Ora jamu yang menyajikan aneka minuman jamu, Ini Teh dengan berbagai minuman kekiniannya, Sekotak Sapi yang menghadirkan menu unggulan berupa Sei Sapi Asap Wagyu, Javanice, Ronde Mande, Kazuhiro dengan berbagai menu ala Jepang, Baku Dapa sajian khas Manado, Quinzy, Barex Kitchen, Luku, Sushi Moo, dan masih banyak lainnya.


Setiap produk di Cloud kitchen Jakpreneur Ruang Rasa ini telah melawati kurasi yang dilakukan oleh chef dan pakar kuliner Pemprov DKI Jakarta. Tak heran jika aneka sajian yang ditawarkan di Cloud kitchen Jakpreneur Ruang Rasa ini memiliki citarasa yang pas di lidah. Tak hanya itu saja, harga yang ditawarkan juga sudah pasti terjangkau. Varian menu yang ditawarkan juga sangat banyak dan bervariasi. Pengunjung dan para penggemar kuliner pun pastinya bisa kulineran dengan puas, nyaman, aman, dan senang.


"Cloud kitchen Jakpreneur Ruang Rasa ini hadir untuk mendukung para pelaku UMKM kuliner tumbuh di era digital. Kami membantu para pelaku ini di sisi pemasaran atau promosi agar produknya semakin dikenal lebih luas lagi. Baik itu melalui media sosial ataupun menggunakan influencer. Kami juga membantu dalam penyediaan foto produk yang dijual, fasilitas dapur yang lengkap, dan juga fasilitas lainnya. Kami pun menyediakan lokasi yang baik dan strategis dengan harga yang sangat terjangkau," terang Harvin Tijono Tjitra selaku Founder dari Ruang Rasa.