• Maria Yuliana Kusrini

Mainland Natural Cheese Perkenalkan 3 Varian Keju Berbeda

Mainland Natural Cheese memperkenalkan varian produknya pada Jumat, 29 Januari 2021. Dilakukan secara virtual, Mainland pun menghadirkan 3 varian keju cheddar berbeda yang dapat dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Ketiga varian itu adalah Mild, Tasty, dan Vintage.



Produk keju Mainland ini dibuat dari kebaikan susu New Zealand yang alami dan sudah diuji coba selama 65 tahun lamanya. Proses pembuatannya pun terbukti sangat baik dan mengedepankan ‘Good things take time’ sehingga menghasilkan keju bercitarasa khas dan bertekstur unik. Tak hanya itu saja, Mainland juga telah mendapatkan penghargaan selama 3 tahun berturut-turut di New Zealand.


Sebagai natural cheese, produk keju Mainland ini memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan processed cheese. Perbedaan pada komposisi atau bahan baku yang digunakan serta teknik pembuatanlah yang tentu paling bisa dilihat. Natural cheese itu sendiri dibuat dari susu segar berkualitas tinggi, kandungan garam yang digunakan lebih rendah, saat proses pembuatannya keju harus didiamkan secara alami dengan waktu minimal 60 hari, tekstur keju lebih mudah pecah atau hancur, hingga penyimpanannya yang harus di dalam kulkas dengan suhu <4°C.



Masyarakat Indonesia sendiri bisa menikmati keju Mainland ini dengan 3 varian berbeda. Untuk varian Mild memiliki kemasan warna hijau yang proses disimpan atau didiamkannya antara 3-6 bulan. Keju cheddar ini memiliki rasa nutty dengan teksturnya yang kenyal dan lembut. Mild ini paling cocok disantap bersama crakers, biskuit, campuran sandwich, ataupun salad. Jika ingin dipairingkan dengan wine, maka varian Mild ini paling tepat disandingkan bersama Sparkling Wine.


Sedangkan untuk varian Tasty, proses didiamkannya lebih lama yakni sekitar 18 bulan. Keju dalam kemasan berwarna merah ini memiliki tekstur yang lebih keras dibanding Mild, lebih kering, tidak lengket, dan renyah. Untuk citarasa yang didapatkan dari keju ini lebih matang dibandingkan Mild. Varian Tasty yang juga jadi varian terfavorit ini juga lebih cocok disandingkan dengan berbagai jenis makanan. Baik itu dimakan bersama biskuit, crakers, almond, atau bisa juga dijadikan bahan campuran saat memasak. Bagi yang ingin menikmatinya bersama wine, maka bisa memilih wine seperti Shiraz ataupun Pinot Noir.


Varian yang ketiga ada Vintage yang proses didiamkannya 24 bulan. Dikemas dalam kemasan berwarna kuning coklat, varian ini berupa keju cheddar tua dengan rasa keju yang lebih kuat dibandingkan dua varian lainnya. Teksturnya cenderung lebih keras dan sedikit rapuh. Mainland Vintage ini cocok ditambahkan pada makanan untuk menambah citarasa keju nan gurih. Selain itu juga cocok dinikmati bersama madu, kurma, dan buah-buahan lainnya. Jika ingin dikolaborasikan dengan wine, maka bisa memilih Sparkling Wine, Carbernet Sauvignon, Merlot, hingga dry series.



Ketiga varian Mainland Natural Cheese ini pun kini sudah bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. Ditawarkan dalam kemasan berukuran 250 gram, produk ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp 72.000,- per satuannya. Produk yang juga dinaungi oleh Fonterra Brands Indonesia ini sudah tersedia di supermarket premium yang tersebar di 10 kota besar di Indonesia.