© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Memotong dan Menyusun Cheese Platter

Ternyata cara memotong keju sangat berpengaruh pada citarasa dari keju itu sendiri. Jadi, sangatlah penting untuk memperhatikan teknik memotong keju yang benar demi bisa mendapatkan citarasa keju seutuhnya.



Dari bentuk keju yang bermacam-macam akan menentukan bagaimana sebaiknya memotong keju tersebut sebelum disajikan. Pastikan saat menyajikannya, setiap porsi yang disajikan mendapatkan bagian keju baik bagian tengah maupun bagian pinggir serta kulitnya.


Sebaiknya saat memotong keju, pastikan hanya dengan sekali hentakan yang kuat untuk menghindari tekstur keju menjadi rusak. Pastikan juga menggunakan pisau yang bersih. Atau pisau khusus yang digunakan hanya untuk memotong keju, tidak bercampur dengan bahan lainnya. Tujuannya agar tidak terjadi kontaminasi rasa dari bahan makanan lain pada keju, sehingga akan merusak citarasa asli keju itu sendiri.


Keju berbentuk bulat sebaiknya dipotong berbentuk segitiga, dengan memotong keju dari bagian tengah ke bagian pinggiran keju. Sedangkan untuk keju berbentuk lonjong dipotong bulat dengan ketebalan 7-8 mm untuk ketebalan yang sesuai. Sedangkan keju yang berbentuk kotak dipotong dari bagian tengah ke bagian pinggir keju. Sementara keju berbentuk segitiga sebaiknya dipotong menjadi irisan dari bagian tengah ke bagian pinggir keju. Untuk keju keras sebaiknya dipotong dalam irisan tipis ke arah tengah bagian keju.


Gunakan pemotong khusus untuk keju, sehingga akan mempermudah sekaligus efisien digunakan untuk mendapatkan potongan irisan keju yang tipis. Untuk keju setengah keras dengan lapisan lilin seperti Gouda, penutupnya harus dipotong terlebih dahulu sama seperti pada keju keras, kemudian iris tipis ke arah tengah.


Setelah berhasil memotong keju dengan baik benar, saatnya menyusunnya sebagai cheese platter. Biasanya Cheese Platter dikonsumsi untuk mengakhiri sesi makan atau bisa juga dijadikan menu makan yang ringan. Cheese Platter juga cukup mengenyangkan karena biasanya teridiri dari berbagai macam keju dengan paduan buah dan kacang.


Sebenarnya tidak ada patokan khusus untuk menyusun Cheese Platter, yang terpenting adalah kualitas dibandingkan kuantitas keju yang disajikan itu sendiri. Sebaiknya padukan 3-4 macam dan bentuk potongan keju. Kamu juga bisa memadukan dan menambahkan dalam Cheese Platter dengan potongan roti khas Prancis, potongan buah segar seperti apel, pir, ataupun aprikot kering. Kalau kamu lebih suka dengan cracker atau biskuit, kamu juga bisa menambahkan cracker dan biskuit kesukaan, pastikan rasanya tidak terlalu asin.


Foto.Dok.Istimewa