• Novi Amaliyah

Mengenal Buckwheat, Bahan Baku Soba Yang Sehat



Buckwheat adalah merupakan biji tanaman yang menjadi bahan baku untuk pembuatan soba. Tanaman bernama latin Fagopyrum esculentum dimana berhubungan dengan tanaman rhubarb dan sorrel. Di Asia, buckwheat berasal dari keluarga tanaman Fagopyrum Tataricum.

Buckwheat telah dibudidayakan selama lebih dari 8.000 tahun dan kadang-kadang buckwheat juga disebut biji-bijian kuno. Tanaman ini adalah salah satu tanaman budidaya di seluruh dunia sampai pupuk nitrogen diperkenalkan pada abad ke-20. Dimana meningkatkan produksi jagung dan gandum. Akibatnya, tanaman menjadi tersingkir dan produksi buckwheat turun secara dramatis, meskipun bahan makanan bebas gluten ini masih menonjol dalam masakan Eropa Timur.


Meskipun harganya lebih mahal, buckwheat masih merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang relatif murah jika dibandingan lainnya. Bentuknya berupa kernel segitiga dianggap sebagai "pseudocereal," nama kategori untuk benih dari tanaman non-rumput yang biasa dikonsumsi dengan cara yang sama seperti biji-bijian Amaranth dan quinoa yang juga pseudocereals.


Cara Memasak Buckwheat

Cuci bersih buckwheat, biji yang belum dikupas memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingan dengan yang sudah dikupas. Buckwheat berwarna coklat tua, itulah mengapa soba memiliki warna yang gelap. Setelah dicuci bersih, masak buckwheat dengan perbandingan 1: 2 air. Didihkan air, kemudian masukkan buckwheat, bisa ditambahkan garam, biarkan mendidih lagi dan kemudian tutup panci, kecilkan api hingga mendidih, dan masak selama 15 menit atau sampai lunak. Orang-orang Rusia biasanya menikmati bubur buckwheat sebagai menu sarapan dimana buckwheat dimasak dengan susu kemudian selagi hangat ditambahkan butter.


Buckwheat yang digiling menjadi tepung biasa digunakan untuk pembuatan soba, pancake, crepes, roti, cake dan produk bebas gluten lainnya. Bagi mereka yang melakukan diet raw food, buckwheat mentah dikonsumsi untuk  menambah tekstur dan nutrisi yang bisa dipadukan dengan granola. Buckwheat juga bisa ditambahkan pada sandwich dan salad untuk menambahkan tekstur ke hidangan apa pun, dari yogurt ke sup hingga salad, dengan taburan buckwheat mentah. Tepung buckwheat juga , yang menjadi perekat dalam cairan, juga membuat zat pengikat yang baik saat membuat cake.

© 2019 yukmakan channel