• Novi Amaliyah

Mengenal Cous Cous


Couscous, sajian ini populer sebagai salah satu kuliner khas Timur Tengah. Terlepas dari kepercayaan populer jika couscous adalah sejenis biji-bijian karena memiliki tampilan seperti nasi. Sebenarnya couscous adalah pasta yang terbuat dari semolina dan tepung terigu yang dibasahi dan diaduk bersama yang kemudian dibuat bentuk bola-bola kecil.


Couscous adalah makanan pokok Afrika Utara yang kini menjadi populer mendapatkan karena bisa dipadukan dengan berbagai variasi resep dan makanan. Selain bisa dijadikan sebagai makanan pendamping dengan aneka ragam jenis daging berprotein, couscous juga bisa dipadukan dengan buah-buahan, sayuran, dan daging semuanya digunakan sebagai tambahan, menjadikan couscous sebagai hidangana yang serbaguna. Memasak couscous juga cukup mudah dan praktis. Saat ini sudah tersedia couscous instan yang hanya membutuhkan beberapa menit untuk mengolahnya. Cukup dimasak dengan air mendidih. Sedangkan couscous tradisional di Maroko dimasak dalam wadah khusus yang disebut couscoussier dan membutuhkan tiga kali pengukusan.


Couscous vs Quinoa

Sekilas keduanya mungkin terlihat mirip, tetapi couscous dan quinoa adalah dua makanan yang sangat berbeda. Sementara couscous terbuat dari tepung semolina, quinoa adalah biji-bijian. Quinoa jauh lebih sehat daripada couscous, memiliki protein dan serat yang tinggi, dan dikategorikan sebagai superfood.


Sedangkan couscous, karena terbuat tepung makan makanan ini mengandung gluten, sedangkan quinoa secara alami bebas gluten. Namun, keduanya dapat mengganti yang satu dengan yang lain dalam banyak resep karena keduanya memiliki rasa netral dan cocok dipadukan dengan bahan makanan lainnya.


Jenis-jenis Couscous

Couscous adalah makanan populer di sejumlah budaya, setidaknya ada tiga jenis couscous yang paling umum ditemukan seperti dari Maroko, Israel, dan Lebanon.


Couscous Maroko

Couscous Maroko memiliki butiran terkecil, dengan setiap butirnya sedikit lebih besar dari semolina. Karena ukurannya yang kecil, waktu memasak cukup dalam beberapa menit saja.


Coucous Israel

Couscous Israel, disebut juga couscous mutiara, jauh lebih besar dari kuskus Maroko dan sangat mirip dengan bola kecil pasta. Jenis couscous ini memiliki lebih banyak rasa pedas dan tekstur yang lebih kenyal daripada jenis yang lebih kecil dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk memasak.


Couscous Lebanon

Couscous Lebanon juga dikenal sebagai moghrabieh couscous, adalah yang terbesar dari ketiga jenis dan membutuhkan waktu memasak paling lama.


Untuk pilihan yang lebih sehat, pilih couscous yang terbuat dari tepung gandum utuh ataupun tepung durum gandum utuh. Couscous dalam kemasan yang dijual di negara-negara Timur Tengah sering kali dibuat dengan tangan yang membutuhkan proses panjang yang membutuhkan beberapa tingkat keahlian untuk dikuasai saat membuatnya. Berbeda dengan couscous instan yang sudah buatan mesin.


Penggunaan Couscous

Couscous dapat digunakan sebagai lauk, sebagai paduan salad, ditambahkan ke sup, atau sebagai komponen hidangan utama bila dikombinasikan dengan bahan-bahan makanan lainnya.Karena profil rasa cenderung tanpa rasa, coucous bisa menjadi paduan masakan dengan berbagai macam bumbu, dari manis hingga pedas, serta bahan-bahan, cocok dengan apa saja mulai dari tomat hingga kismis maupun aneka daging dan sayur.