• Maria Yuliana Kusrini

Menyeruput Kopi Arabica Khas Posong di Two Heart

Selama ini, Kota Temanggung memang sangat dikenal sebagai penghasil tembakau. Namun siapa sangka jika di kota kecil itu terdapat satu desa bernama Desa Tlahap yang memiliki tanaman kopi dengan citarasa unik. Dikenal dengan sebutan Kopi Posong, wisatawan yang datang bisa menikmati kopi nikmat di kedai kopi bernama Two Heart.



Kopi Posong punya keistimewaan rasa dan aroma yang tak bisa diketemukan di daerah lainnya. Lokasi tumbuhnya tanaman kopi yang ada di antara kaki Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing tentu menjadi salah satu alasannya. Kebun kopi khas Posong ini dirintis untuk pertama kalinya oleh Pak Tuhar sekitar tahun 2000.


“Sebelum tahun 2000, daerah kami dikenal dengan komoditas tembakau dan jagung. Mulai tahun 2000 dapat bantuan lima puluh ribu bibit tanaman kopi dari Provinsi Jateng (Jawa Tengah). Waktu itu kami hanya tahu jenis kopi robusta saja, belum tahu jika ada jenis lainnya dan Arabica. Karena kurangnya pengetahuan mengenai cara panen kopi maka hasilnya tidak terlalu bagus. Setelah mendapatkan pelatihan, barulah tahu cara memanen kopi yang benar. Saat ini kami sudah 95% petik kopi merah,” ungkap Pak Tuhar saat dijumpai di Two Heart pada acara ‘HAM Overland de Java’ beberapa waktu lalu


Pak Tuhar yang juga sekaligus pemilik dari Two Heart pun mengungkapkan jika awalnya ada banyak halangan untuk bisa menjadikan kawasan Posong, Desa Tlahap ini sebagai penghasil kopi. Namun seiring berjalannya waktu dan adanya fasilitas dari pemerintah berupa alat-alat atau mesin kopi sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. “Selama ini petani tembakau hanya bisa menanam tembakau, panen, dan mengiris. Tidak bisa memprosesnya hingga jadi rokok. Sedangkan untuk petani kopi bisa tanam, panen, hingga proses penyajian akhir menjadi minuman kopi yang bisa dinikmati langsung oleh masyarakat luas. Tidak hanya jual green bean tapi bisa juga meroasting, bahkan memprosesnya hingga jadi kopi bubuk,” tambah Pak Tuhar.


Citarasa kopi Arabica khas Posong yang punya sensasi aroma tembakau ini bisa dinikmati di Two Heart. Selain aromanya yang khas, citarasa fruity juga langsung tercecap saat menyeruput kopinya. Kopi Single Origin menjadi kopi pilihan dan paling banyak dipesan di Two Heart ini. Baik itu yang disajikan dengan pilihan Kopi Tubruk, V60, ataupun Espresso. Udara sejuk Posong pun menjadikan minuman kopi ini terasa begitu istimewa.



Secangkir Kopi Posong pun akan terasa lebih mantap jika disandingkan dengan aneka kudapan khas setempat. Mulai dari Pisang Goreng, Ubi Rebus, Singkong Rebus, Pisang Rebus, Jagung Rebus, dan aneka kudapan lainnya. Selain menyediakan minuman kopi, Two Heart juga menjual biji kopi hingga kopi bubuk. Varian kopi yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Arabica Winey, Arabica Full Wash, Arabica Natural, hingga Arabica Peaberry. Harganya pun sangat terjangkau, kisarannya mulai dari Rp 30.000,- untuk pilihan kopi bubuk seberat 100 gr.