• Maria Yuliana Kusrini

Mooncake Hampers The Hermitage Jakarta Karya Amanda Hartanto

The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta menawarkan bingkisan kue bulan spesial bekerja sama dengan perancang batik terkemuka, Amanda Hartanto. Ini pertama kalinya The Hermitage Jakarta menghadirkan bingkisan Mid-Autumn Festival dan ada dua paket bingkisan yang ditawarkan, yakni Reguler dan Premium. Paket dengan kotak cantik berwarna biru tersebut tersedia untuk pelanggan dari 5 Agustus hingga 15 September 2022 dengan harga masing-masing Rp488.000++ dan Rp988.000++.



Amanda terkenal sebagai perancang busana dengan karya-karya yang kerap menggabungkan sentuhan modern dengan motif batik tradisional. Dari pemikirannya, kerap lahir ide desain batik yang tak hanya pantas sebagai busana tradisional namun juga cocok untuk pakaian sehari-hari. Pada 2011, ia meluncurkan merek fesyennya, Amanda Hartanto Batik, yang mewadahi koleksi siap pakai dengan tema-tema segar yang cocok untuk pelanggan muda, gaya, dan sophisticated.


Untuk proyek kolaborasi dengan The Hermitage Jakarta ini, Amanda menunjukkan kepiawaiannya menggabungkan motif batik tradisional dengan sentuhan modern yang memikat. Inspirasinya dipetik dari motif Batik Keraton dan Batik Pesisir yang khas. Melalui proses kreatif yang panjang, dia menggabungkan motif batik Kawung dan Buketan dengan desain klasik modern khas The Hermitage Jakarta lengkap dengan sentuhan oriental yang cantik untuk menghormati festival budaya asli Tiongkok itu.


“Sangat penting bagi saya dan pihak hotel untuk menonjolkan warisan Indonesia yang berharga dalam desain ini. Saya juga ingin memperlihatkan sejarah kolonial bangunan hotel The Hermitage yang kaya serta desain klasik-modern yang menyelimutinya,” tutur perancang busana yang juga filantropis tersebut.


Mid-Autumn Festival merupakan sebuah festival yang merayakan kebersamaan di mana keluarga dan handai taulan berkumpul dan berpesta di bawah sinar bulan purnama. Tradisi dari Negeri Tirai Bambu ini biasanya mencakup sesi menyantap kue bulan untuk selebrasi sekaligus menyambut tahun yang akan datang.


Paket bingkisan Reguler dari The Hermitage Jakarta berisi dua kue bulan dengan rasa Pandan dengan Kuning Telur Asin dan Teratai. Sementara bingkisan Premium berisi empat kue bulan dengan rasa Kacang Hitam dengan Kuning Telur Asin, Pandan dengan Kuning Telur Asin, Durian, dan Teratai. Tiap kue bulan dibuat menggunakan tangan dengan proses yang sangat hati-hati guna menjaga tradisi sekaligus menghadirkan sentuhan kemewahan yang modern.