• Maria Yuliana Kusrini

Nasi Nyangku, Sajian Unik dan Khasnya Baturraden, Purwokerto

Setiap daerah pasti punya kekhasan dan keunikannya masing-masing. Begitu pun dengan kawasan Baturraden yang berlokasi di Purwokerto, Jawa Tengah. Dikenal sebagai kawasan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indah dan sejuk, ternyata Baturraden ini juga memiliki hidangan khas dan memang hanya bisa dijumpai di tempat ini saja. Hidangan istimewa itu bernama Nasi Nyangku.



Pemilihan nama dari makanan ini berasal dari nama daun yang digunakan sebagai pembungkusnya. Daun dari tanaman nyangku memang banyak tumbuh dan hidup di kawasan Baturraden yang berada di ketinggian, tepatnya di area kaki Gunung Slamet. Pohon nyangku merupakan tanaman jenis anggrek hutan yang daunnya memanjang dan tidak mudah sobek. Daun ini juga tidak berbau serta aman untuk dijadikan pembungkus makanan.


Nasi Nyangku Khas Baturraden ini berisikan nasi putih yang ditemani dengan ragam sayuran dan lauk pauk. Untuk sayuran dan sambalnya tersaji dalam bungkusan daun pisang supaya tidak tercampur dengan menu lainnya. Nasi Nyangku ini terdiri dari sayuran unik bernama Oseng Pakis Kecombrang. Sayur ini berupa osengan atau tumisan daun pakis yang dipadukan dengan honje atau kecombrang lalu dimasak dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan gula. Lagi-lagi untuk bahan sayuran ini juga diambil dari kawasan hutan di Baturraden ini.



Lauk unik lain pada Nasi Nyangku ini juga bisa ditemukan pada Oseng Tempenya. Berbeda dengan tempe kebanyakan, tempe yang digunakan menggunakan kedelai hitam, sehingga tempenya terlihat kehitaman. Potongan tempe itu pun dimasak dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam. Tak ketinggalan berbagai lauk lainnya juga meramaikan si Nasi Nyangku ini, mulai dari Ayam Kampung Goreng dengan taburan serundeng lengkuas, Tempe Goreng, dan Sambal Terasi. Dinikmati di kawasan Baturraden yang sejuk dan indah, Nasi Nyangku pun terasa begitu nikmat di lidah.


“Nama menunya Nasi Nyangku karena dibungkus menggunakan daun nyangku. Daun nyangku ada di sekitaran Baturraden yang memang tumbuh di ketinggian. Pohon nyangku ini memang jadi ciri khas tanaman di daerah pegunungan saja. Pemilihan daun nyangku ini karena tidak mudah robek, lembut, tidak ada bulu-bulu, aman untuk makanan, untuk penataan mudah, dan unik. Sehingga kami memilih daun nyangku untuk bungkusan makanan yang ramah lingkungan di kawasan Baturraden ini. Untuk isian dari Nasi Nyangku ini memang lebih dipilih hidangan tradisional saja dan lauk pauknya bisa diganti sesuai pesanan,” ungkap Sista Martuning selaku Area Business Baturraden, PT. Palawi Risorsis saat dijumpai di kawasan Telaga Sunyi disela-sela acara HAM Overland de Java.



© 2019 yukmakan channel