• Maria Yuliana Kusrini

Nikmati Sajian Khas Makassar di Mamink Daeng Tata

Jika sedang ingin menikmati sajian khas Makassar, khususnya coto dan konro, maka bisa menjadikan Mamink Daeng Tata sebagai pilihannya. Berlokasi di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, tempat makan ini hadir sederhana dengan ruangan yang dipenuhi dengan meja panjang dan banyak kursi. Jadi pertanda jika tempat makan ini selalu serbu didatangi tamu di jam-jam kelaparan.


Coto bernama Coto Daeng Tata’ jadi menu favorit di sini. Hadir dalam mangkok berukuran kecil, coto atau soto ala Makassar ini terdiri dari potongan daging serta jerohan yang ditemani dengan taburan bawang goreng dan potongan daun bawang. Untuk kuahnya terlihat encer, terbuat dari kaldu dan campuran bumbu.

Mirip dengan coto, ada pilihan lain bernama Pallubasa. Secara tampilan memang terlihat mirip coto, pembedanya terletak pada kuah yang terlihat lebih gelap, tidak menggunakan taburan daun bawang, dan pallubasa menggunakan telur ayam. Untuk citarasanya pun sekilas memang mirip dan menggunakan banyak bumbu rempah.

Datang ke Mamink Daeng Tata’ ini terasa tidak lengkap jika tidak mencicipi konronya. Maka, jangan lewatkan untuk memesan Tata’ Ribs. Sajian ini berupa iga (2 potong) yang telah dibumbui kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang. Sebagai pendampingnya ada kuah di mangkok terpisah serta potongan jeruk nipis. Daging iga ini terasa begitu berbumbu, bahkan bumbu merasuk sempurna hingga bagian dalam daging iga.

Sebagai sajian pencuci mulutnya, Es Mamink akan jadi pilihan terbaik. Es Mamink ini menggabungkan es pisang ijo dan pallu butung dalam sebuah mangkok. Sungguh jadi kolaborasi yang sempurna dalam semangkok Es Mamink. Rasa yang dihadirkan juga sungguh istimewa, menghadirkan citarasa manis, gurih, dan dingin yang sangat cocok dijadikan sebagai sajian penutup.

Mamink Daeng Tata’

Jl. Casablanca No. 33, Jakarta Selatan

021 – 8315555

© 2019 yukmakan channel