• Maria Yuliana Kusrini

Nostalgia Dengan 3 Sajian Khas Bali

Tidak hanya dikenal akan budaya dan destinasi wisatanya yang luar biasa indah, Bali juga memiliki deretan kuliner menarik. Variannya beragam dengan menyuguhkan citarasa yang begitu khas. Masakan Bali identik dengan rasa bumbu rempah yang medok dan kuat, mulai dari kunyit, sereh, dan daun jeruk.


Dari berbagai pilihan menu khas Bali, berikut ini 3 sajian yang wajib dijajal ketika berkunjung ke sana. Yakni Sate Lilit, Nasi Campur Bali, dan Ayam Betutu.

Sate Lilit

Sate Lilit memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan sate pada umumnya. Jika kebanyakan sate menggunakan daging yang dipotong kemudian ditusuk dengan tusukan, maka sate lilit tidak seperti itu. Sate lilit bisa menjadikan ikan, daging ayam, atau daging babi sebagai bahan bakunya. Daging yang sudah dihancurkan atau dicincang hingga menjadi adonan padat itu kemudian dicampur dengan bumbu magenep dan kelapa. Bumbu magenep terdiri dari kunyit, daun jeruk, bawang putih, bawang merah, lengkuas, ketumbar, dan cabai. Adonan itu pun dililitkan pada batang sereh atau batang bambu yang bentuknya datar dan lebar, lalu dibakar. Sate lilit memiliki rasa lezat yang memadukan gurihnya daging atau ikan dengan campuran bumbu megenep yang digunakan.


Nasi Campur Bali

Sajian satu ini tentu jadi salah satu menu wajib dijajal saat mengunjungi Bali. Secara tampilan, sajian ini menyerupai nasi rames yang memiliki banyak lauk dan sayur pendamping. Nasi Campur Bali biasanya berisikan sate lilit, sate daging, tum ayam, lawar ayam, udang goreng krispi, pindang telur, kering tempe, sayur kacang khas Bali, sayur urap Bali, dan sambal. Secara keseluruhan, nasi campur khas Bali ini memiliki citarasa yang cenderung pedas.

Ayam Betutu

Menjadikan ayam sebagai bahan bakunya, sajian ini umumnya memiliki citarasa yang pedas berbumbu betutu. Bumbu betutu khas Bali ini menggunakan bumbu maganep atau ganep, bumbu wewangenan, garam, dan minyak kelapa yang dibalurkan pada seluruh daging ayamnya. Ayam Betutu ini bisa disajikan dengan pilihan goreng, bakar, ataupun berkuah. Awalnya, pada tradisi budaya Bali, ayam betutu biasa disajikan pada saat upacara adat.


Ketiga menu itu tentunya begitu lezat dan sukses bikin lapar! Rasa-rasanya jadi sesuatu keharusan untuk menjajal ketiga menu itu saat berkunjung ke Bali. Setuju kan?!


© 2019 yukmakan channel