top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Pallubasa Onta Bertahan Lebih Dari 20 Tahun

Wisatawan yang berkunjung ke sebuah daerah, tentu tak ingin melewatkan berbagai kuliner khas yang dimiliki daerah setempat. Begitu pun dengan wisatawan yang berkunjung ke Kota Makassar yang ada di Sulawesi. Cukup banyak sajian khas yang dimiliki Kota Makassar, mulai dari coto, es pisang ijo, mi titi, konro, nasi goreng merah, hingga pallubasa. Setiap hidangan punya kekhasan dan citarasa yang menarik untuk dijajal.


Bagi yang ingin mencicipi sajian berkuah dengan menjadikan daging dan jerohan sapi maka bisa menjadikan menu pallubasa sebagai pilihannya. Menu satu ini sekilas memang mirip dengan sotonya khas Makassar yang berkuah gelap dan kaya akan citarasa bumbu rempah. Pembedanya, hanya terletak pada penggunaan alas atau kuning telur ayam mentah dan sangrai kelapa pada menu pallubasa. Menu ini sangat mudah dijumpai di seantero Makassar.


Pallubasa Onte merupakan salah satu kedai makan yang menjajakan menu pallubasa sebagai menu unggulannya. Kedai yang beralamat di Jalan Onta Lama wilayah Mamajang ini telah berdiri lebih dari 20 tahun. Mengingat bukan waktu yang sebentar, kedai ini pun memiliki banyak pelanggan yang tetap terus setia hingga sampai saat ini. Pallubasa di tempat ini punya citarasa yang nikmat, itu salah satu alasan para pelanggan terus kembali berdatangan ke kedai satu ini.


Keistimewaan Pallubasa Onta ini adalah daging dan jerohan yang digunakan dimasak menggunakan bumbu rempah rahasia. Sehingga dagingnya punya citarasa rempah yang kuat dan merasuk sampai bagian dalam. Potongan dagingnya pun begitu tebal, namun teksturnya empuk saat digigit. Kuah gelap yang beraroma rempah itu pun punya citarasa yang begitu gurih, karena penggunaan aneka rempah sekaligus kelapa sangrai yang melimpah. Tak ketinggalan alas atau kuning telur ayam mentah yang digunakan pun makin membuat sajian ini makin sedap. Meski mentah, namun menu ini tidak punya rasa amis sama sekali. Namun, bagi yang kurang merasa suka maka bisa memesan pallubasa tanpa menggunakan alas.


Pallubasa Onta

Jl. Onta Lama, Mamajang, Makassar

085399985077

bottom of page