• Maria Yuliana Kusrini

Pasarina by Ranch Market di Sarinah Usung Konsep Traditional Meet Modern

Ada store baru yang bisa masyarakat jumpai di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Bernama Pasarina by Ranch Market, supermarket ini pun kian melengkapi Sarinah yang kini hadir dengan tampilan dan konsep terbarunya. Telah resmi dibuka pada 17 Juni 2022, Pasarina by Ranch Market ini mengusung konsep traditional meet modern.



Sebagai brand baru dari Ranch Market, Pasarina by Ranch Market ini menjadi supermarket lokal premium pertama di Indonesia yang mengadaptasi brand metaverse. Dengan ini, makan konsumen ajan merasakan pengalaman baru dan berbeda saat berbelanja di Pasarina. Pasarina by Ranch Market menghadirkan teknologi terkini lewat interaksi digital yang menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) dengan Computer Vision. Hal itu akan memberikan pemahaman pada konsumen atas lokasi 3 dimensi, memberikan koordinat, serta teknologi laser scanning 3 dimensi untuk melakukan scanning terhadap lokasi secara 3 dimensi.


Tak hanya itu saja, juga ada guidebot layaknya personal assistant yang akan memudahkan konsumen saat berbelanja. Guidebot ini akan menuntun konsumen secara one on one untuk mengetahui lokasi dan promosi terbaik produk yang diinginkan melalui bantuan robot dengan teknologi Augmented Reality. Gunakan fungsi search yang akan mengarahkan konsumen mencari posisi produk tanpa harus menunggu karyawan toko. Saat ini ada 10 destinasi utama untuk fungsi Guidebot dan akan berkembang mengikuti seluruh category di dalam store. Pengunjung dapat memindai QR Code yang akan menuntun pengunjung pada product knowledge interaktif lewat Augmented Reality dimana akan hadir benda-benda virtual 3 dimensi dan virtual product knowledge untuk memberikan informasi produk.



Juga ada aplikasi gamification yang memberikan proses belanja baru yang menarik dalam dunia digital dengan games maupun aktivitas menarik lainnya. Ini dapat digunakan lewat penggunaan Virtual Reality dan pastinya akan membuat konsumen merasakan pengalaman “belanja sambil bermain”. Pengalaman istimewa ini pun bisa langsung konsumen rasakan dengan cara mengakses aplikasi TRUST Live. Ke depannya, aplikasi TRUST Live ini juga akan tersedia untuk brand lain milik PT Supra Boga Lestari, Tbk seperti Ranch Market, Farmers Market, The Gourmet, Farmers Family dan Day2Day.


Pasarina by Ranch Market yang berada di bawah naungan PT Supra Boga Lestari, Tbk ini pun secara konsisten menghadirkan aneka produk kebutuhan rumah tangga yang berkualitas. Mulai dari produk lokal unggul berupa hasil bumi segar dan boga bahari hasil kurasi terbaik dari segenap penjuru Nusantara. Beragam produk ini pun menyandingkan produk lokal berkualitas dengan produk impor pilihan.

Di supermarket ini, konsumen dapat menemukan produk lokal istimewa yang berbeda dari supermarket lainnya. Pengunjung akan menjumpai kudapan Cokelat asal Kupang NTT yang dikemas secara menarik dan bercitarasa lezat. Tak hanya itu saja, juga ada produk jamu, aneka kecap tradisional pilihan, beragam pilihan kopi dan teh, serta beragam produk unggulan tradisional lainnya yang berasal dari pelosok Nusantara. Pasarina ingin mengajak masyarakat untuk mengenal produk sekaligus mengetahui lebih dalam tentang daerah asal produk tersebut. Diharapkan semua yang ditawarkan Pasarina ini dapat mengobati rasa kangen akan produk boga lokal bagi penduduk Jakarta.


“Ranch Market Indonesia mengundang masyarakat untuk merasakan exciting shopping experience dengan interaksi digital di Pasarina by Ranch Market di gedung Sarinah yang ikonik. Di sini, pengunjung akan menemukan produk lokal Indonesia berkualitas tinggi dalam nuansa budaya dan tradisi luhur Indonesia berpadu dengan teknologi. Mari kita dukung produk lokal serta perekonomian komunitas masyarakat penghasil produk di pelosok Indonesia dengan cara bangga membeli produk Indonesia,” ungkap Maria Suwarni, Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari, Tbk.