• Maria Yuliana Kusrini

Passion Flower, Akar Valerian, dan Jahe Dalam Antangin Good Night

PT Deltomed Laboratories meluncurkan produk terbarunya, Antangin Good Night pada 17 Maret 2021 lalu. Antangin Good Night yang merupakan tablet herbal ini dihadirkan untuk membantu memperbaiki kualitas tidur. Setidaknya, dalam tablet ini terdapat kandungan herbal passion flower, ekstrak akar valerian, dan jahe yang diolah secara modern.

Produk terbaru ini pun diluncurkan karena melihat begitu pentingnya tidur berkualitas yang pada akhirnya dapat menjaga imunitas dan kesehatan tubuh, khususnya di masa pandemi seperti saat ini. “Kualitas tidur yang baik berperan penting pada kesehatan tubuh dan produktivitas sehari-hari. Namun di masa pandemi ini, orang banyak yang sulit tidur karena stres, kesibukan yang tinggi, serta pola hidup tidak sehat. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh penyintas Covid-19 adalah gangguan tidur,” ungkap dr. Andreas Prasadja, RPSGT selaku Praktisi Kesehatan Tidur. Peluncuran Antangin Good Night ini pun berbarengan dalam rangka Hari Tidur Sedunia yang diperingati pada 19 Maret 2021 yang mengangkat tema ‘Tidur Teratur, Masa Depan Sehat’.


Di sinilah peranan Antagin Good Night begitu dibutuhkan, khususnya oleh mereka yang mengalami masalah atau gangguan tidur. Produk ini menjadikan herbal passion flower dan akar valerian yang memang sejak lama sudah dikenal efektif membantu memperbaiki kualitas tidur. Passion Flower bekerja dengan meningkatkan kadar asam gamma-amonibutyric (GABA) di otak yang berfungsi menurunkan over-aktivitas otak sehingga pikiran menjadi lebih rileks dan kualitas tidur membaik. Biasanya, herbal passion flower diseduh menjadi teh dan sangat dianjurkan untuk diminum sebelum tidur.

Sementara itu, akar valerian mengandung asam valerenat, asam isovalerat, dan antioksidan yang membantu menenangkan pikiran dan membuat tidur lebih nyenyak. Umumnya masyarakat mengonsumsi seduhan akar valerian atau ekstrak valerian yang sudah tersedia dalam bentuk kapsul, kaplet, ataupun cairan. Sedangkan untuk penggunaan jahe pada produk ini, karena jahe diyakini bisa meredakan masuk angin dan dapat menghangatkan tubuh.


Antangin Good Night ini sangat praktis untuk dikonsumsi dewasa dan lansia, yaitu sebanyak 2-4 kaplet sebelum tidur. Masyarakat dapat membeli Antangin Good Night di apotik, toko obat, dan secara online atau e-commerce. Antangin Good Night juga telah mendapatkan izin edar dari Badan POM RI dan telah memperoleh sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia. Produk ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 4.000,- per stripnya, dimana setiap stripnya berisikan 4 tablet.