• Maria Yuliana Kusrini

Pengalaman Makan Bernuansa Kolonial Belanda di Cafe Batavia

Cafe Batavia yang berlokasi di Taman Fatahillah Kota Tua, Jakarta menyuguhkan nuansa kolonial Belanda. Gedung yang ditempatinya juga gedung peninggalan Belanda yang khas dengan jendela tinggi. Datang ke tempat ini pengunjung akan dimanjakan dengan interior ruangannya yang menarik dan klasik. Tak heran, kafe ini sangat ramai dikunjungi oleh para ekspatriat.



Interior ruangan didominasi dengan ornamen kayu. Terlihat pada pilihan meja, kursi, hingga pernak-pernik yang digunakan. Pemandangan dari lantai 2 akan terlihat lebih luas. Seluruh dinding banyak dipasang bingkai foto yang disusun dengan menarik sehingga tampak seperti wallpaper. Atmosfir ruangan makan di lantai 2 ini sangat kental dengan nuansa jadul. Kapasitas yang dimiliki pun cukup besar, setidaknya dapat menampung hingga 250 orang.


Di kafe ini tersedia beragam menu, mulai dari makanan bercitarasa Indonesia, Asia, hingga Barat. Sajian tradional Indonesia yang dimiliki pun unik dan layak untuk dicicipi. Sebut saja Nasi Campur Meneer yang memadukan nasi putih ditemani dengan sate bunter, rendang, sayur urap, telur balado, sambal, dan rempeyak kacang. Ada juga Bistik Lidah Harmonie, Tuna Woku, Soto Ayam Lamongan, Nasi Gudeg, Nasi Goreng, Kaambing Bakar, hingga camilan Lumpia Goreng yang berisi rebung, jamur, dan udang.


Sajian Baratnya pun tak kalah banyak dan menarik untuk dijajal. Sebut saja Norwegian Salmon, Truffled Roasted Chicken, Wagyu Striploin, Batavia Burger, Classic Egg Benedict, Nachos, dan juga Fish and Chips. Manu bernama Norwegian Salmon berupa potongan ikan salmon yang dihidangkan dengan asparagus dan saus lemon. Tidak ketinggalan ada nasi putih yang disudah dibumbui dan diolah dengan bawang goreng yang menemaninya. Ikan salmonnya terasa lembut berpadu dengan saus yang beraroma lemon dan asparagus yang masih renyah.


Batavia Burger dihidangkan dengan komplimen berupa salad dan kentang. Roti bun dan pattynya yang empuk. Telur mata sapi yang disisipkan di burgernya masih terasa hangat di setiap gigitan, berpadu lembut dengan irisan tomat, selada dan bawangnya yang segar. Daging burgernya tidak terlalu tebal tapi cukup tasty untuk dinikmati dengan salad dan kentang gorenganya yang renyah.


Fish and Chips pun tak kalah menggoda. Sajian satu ini terdiri dari fillet ikan gindara yang diberi tepung, digoreng, lalu disajikan dengan potongan kentang goreng. Seperti penyajian Fish and Chips pada umumnya, menu ini pun dilengkapi dengan saus tartar dan irisan jeruk lemon. Fish and Chips ini terasa renyah di bagian luarnya, namun bagian dalamnya terasa sangat lembut.



Datang ke tempat ini, pengunjung akan dimanjakan dalam beberapa hal sekaligus. Perut akan kenyang, lidah akan dibuat berdecak dengan citarasa menu yang disuguhkan, mata akan terpuaskan dengan nuansa dan keindahan yang disuguhkan, dan telinga pun akan dimanjakan dengan alunan musik lembut yang diperdengarkan di sini. Datang bersama orang tersayang akan membuat pengalaman bersantap di Cafe Batavia ini semakin sempurna.

Cafe Batavia

Jl. Pintu Besar Utara 14, Taman Fatahillah, Jakarta

021 – 6915531

© 2019 yukmakan channel