© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Pilih Sendiri Lauk Favoritmu di Kantin Dewi Sri

Bogor tentunya jadi salah satu tujuan kuliner bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Pilihan kulinernya beragam dan memiliki citarasa yang lezat. Tempat makan lawas pun tetap menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Kantin Dewi Sri.

Sesuai nama yang disandangnya, tempat makan ini memang berkonsep kantin. Menghadirkan interior sederhana namun bersih, pengunjung bisa memilih lauk yang disusun rapi di meja. Sajian menunya sederhana berupa makanan Sunda rumahan dengan citarasa mumpuni. Berikut ini beberapa menu favoritnya.


1. Empal Gepuk

Empal gepuknya benar-benar empuk dan ciamik. Sajian ini berupa irisan daging sapi yang dimemarkan dan diikat dengan bilah-bilah bambu tipis. Bumbunya sedikit manis dengan sensasi rempah ketumbar dan lengkuas sehingga menciptakan sensasi gurih dan enak.




Ayam Lengkuas

2. Ayam Lengkuas

Ayam goreng ini jadi juaranya! Ayam Lengkuas ini berupa potongan ayam yang digoreng hingga berwarna kuning keemasan dan disajikan dengan parutan lengkuas. Ayam cukup garing, sedangkan dalamnya tetap empuk. Bumbu rempah meresap dan merata. Pokoknya, benar-benar ayam goreng kualitas jempolan, deh.


3. Pepes Ayam

Pepes ayamnya berupa potongan ayam jantan bagian dada berukuran cukup besar. Dibalut bumbu ulek berwarna kuning yang medok dan sedap. Citarasa kunyit dan serai yang diulek, berpadu apik di lidah. Pepes ini tidak terlalu basah seperti pepes kebanyakan karena dimatangkan dengan cara dipanggang.

4. Pepes Jamur

Pepes Jamur ini menggunakan jenis jamur merang yang dimasak hingga tampak kemerahan. Ada semburat rasa pedas dan gurih yang tercecap di lidah. Tambahan irisan kecombrang alias honje, kemangi, dan serai, membuat pepes jamur makin harum dan enak. Pepes ini pun istimewa karena juga dimatangkan dengan cara dipanggang, sehingga tekstur pepesnya lebih kering.


5. Oseng Cumi Asin

Meski menggunakan cumi asin sebagai bahan utamanya, namun sajian ini tidak memiliki rasa asin yang dominan. Cuminya masih bertekstur yang disandingkan dengan irisan cabai merah dan cabai hijau.


Kantin Dewi Sri

Jl. Pajajaran No. 3, Bogor

0251 – 8313318