top of page
  • Novi Amaliyah

Poke Bowl, Sajian Hawaii yang Sedang Naik Daun

Belakangan menu poke bowl mudah ditemui di beberapa restoran di Jakarta. Bahkan gerai yang khusus menyediakan poke bowl juga sudah mudah dijumpai. Poke sendiri merupakan sajian salad ikan segar yang berasal dari Hawaii. Poke biasanya dinikmati sebagai hidangan pembuka maupun hidangan utama khas Hawaii.



Poke biasanya berisi ikan tuna ekor kuning segar yang dipotong dadu, selain tuna bisa juga menggunakan potongan ikan salmon atau ikan tuna. Selain itu, terdapat isian seperti aneka kerang yang diberi bumbu poke berupa garam laut, kecap asin, minyak wijen karena pengaruh budaya Jepang di Hawaii. Kemudian ada limu atau rumput laut, daun bawang, inamona (bawang maui), serta kemiri panggang Hawaii (kukui nut).


Di awal tahun 2012, Poke mulai menjadi sajian yang populer di Amerika Serikat. Restoran pun menyajikan Poke dengan versi modern serta tradisional yang unik. Variasi ini  antara lain dengan memadukan bahan baku segar lainnya mulai dari sayuran buah maupun saus yang lebih variatif. Paduan ini meliputi penggunaan buah alpukat, saus ponzu, saus teriyaki, jamur,  acar jalapeno, saus sriracha, daun ketumbar, nanas, atau mentimun. Penyajiannya menggunakan mangkok, sehingga membuat sajian ini jadi populer dengan sebutan poke bowl.


Di Indonesia, menu poke bowl banyak dipilih sebagai pilihan menu sehat karena terdiri dari beragam isian yang lengkap. Mulai dari ikan sebagai sumber protein, sayuran yang beragam, serta ada juga yang memadukan dengan karbohidrat berupa nasi. Disesuaikan dengan selera Indonesia, ikan yang digunakan juga ada yang sudah diproses terlebih dulu seperti dipanggang maupun digoreng dengan sedikit minyak.


Selain di Hawaii, Poke berasal dari kuliner dan asal-usul linguistik yang sama dengan salad ikan khas Polinesia lainnya seperti oka di Samoa, ika mata di Kepulauan Cook, dan kokoda di Fiji. Indonesia sendiri juga ada Gohu yang berasal dari Ternate dan Maluku. Sementara di Eropa, hidangan ikan mentah yang mirip dengan Poke adalah fish carpaccio dan fish tartare. Hoedeopbap dari Korea, dimana tuna mentah diasinkan yang disajikan di atas nasi, atau ada ceviche dari Peru. Sashimi Jepang juga terdiri dari makanan laut mentah, hidangan Jepang lainnya yang serupa adalah zuke don, hidangan donburi dengan ikan tuna atau salmon yang dimarinasi disajikan di atas nasi.


Penasaran untuk mencoba, kamu bisa mengunjungi beberapa gerai poke bowl yang tengah naik daun di Jakarta ini. Selamat mencoba poke bowl!

bottom of page