• Maria Yuliana Kusrini

Ragam Hidangan Khas Betawi di Soto Betawi H. Ma’ruf


Soto Betawi H Ma’ruf menjadi salah satu tempat makan legendaris yang dimiliki oleh Kota Jakarta. Lokasi pertamanya yang ada di kawasan Taman Ismail Marzuki ini pun makin memperkuat hal itu. Dan secara otomatis, hal ini menjadikan Soto Betawi H. Ma'ruf sebagai salah satu ikon kuliner Tanah Air, khususnya kuliner Betawi. Buka setiap hari mulai jam 09.00 – 20.30 WIB, pengunjung yang datang ke tempat ini akan dimanja berbagai pilihan menu khas Betawi.


Soto Betawi

1. Soto Betawi

Soto Betawi di tempat ini memiliki citarasa sedap dan otentik. Kuah sotonya memadukan santan dan susu. Kuah soto berwarna putih ini pun berkolaborasi dengan daging sapi dan aneka jerohan seperti paru, ati, ampela, tulang muda, babat, kikil, hingga usus. Keunggulan lain dari Soto Betawi ini terletak pada daging dan jerohan yang sudah dimasak dan dibumbui terlebih dulu, sehingga sudah lebih bercitarasa alias berbumbu.


Soto Bening

2. Soto Bening

Selain bisa menemukan Soto Betawi, tempat makan ini juga menyediakan soto dengan pilihan kuah bening. Awalnya, Soto Bening ini tidak disediakan oleh Ma’ruf, tapi karena banyaknya permintaan dari pelanggan sehingga pilihan kuah bening pun dihadirkan. Untuk isian dari Soto Bening ini hampir sama dengan Soto Betawi, hanya ada penambahan potongan tomat merah. Sedangkan untuk kuahnya terbuat dari kaldu sapi dengan berbagai bumbu rempah.


Laksa

3. Laksa

Selain soto, juga ada sajian khas Betawi lainnya yang bernama Laksa. Semangkok Laksa berisikan potongan ketupat, kentang, bihun, yang disajikan bersamaan dengan potongan telur rebus, taburan kucai, bawang goreng, dan emping goreng. Kuahnya yang kental berwarna kekuningan terasa begitu sedap karena penggunaan bumbunya yang melimpah. Jika resep soto sudah ada sejak Indonesia belum merdeka, maka agak berbeda dengan Laksa yang baru ada 2-3 tahun belakangan ini.


4. Aneka Sate

Menu sate pun tersedia di sini, yakni Sate Sapi, Sate Kambing, dan juga Sate Ayam. Sate Sapi jadi yang paling favorit di sini. Potongan daging sapi yang sudah dibumbui lalu dibakar kemudian disajikan dengan bumbu kacangnya yang sedap. Sate Sapi ini memiliki citarasa lezat dengan bumbu yang meresap dalam daging. Berbeda lagi dengan Sate Kambing yang terlihat gemuk dan disajikan bersamaan dengan potongan tomat, bawang merah, cabai rawit, dan kecap manis.


Soto Betawi H. Ma’Ruf

Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat

021 – 3148817

© 2019 yukmakan channel