• Maria Yuliana Kusrini

Ramaikan FIFA World Cup Qatar 2022, McDonald's Luncurkan Menu Edisi Piala Dunia



Perhelatan sepak bola dunia, FIFA World Cup selalu ditunggu-tunggu oleh semua orang, khususnya para pecinta sepak bola. Tahun ini, kembali hadir acara seru itu yang bertajuk FIFA World Cup Qatar 2022. McDonald's pun tak mau melewatkan moment istimewa ini dengan bergabung sebagai global sponsor FIFA World Cup. Bersamaan dengan itu, McDonald's pun meluncurkan paket menu spesial edisi Piala Dunia 2022 serta berbagai program seru.



Untuk kejuaran di tahun 2022 ini, McDonald’s meluncurkan kampanye global yang dilaksanakan di lebih dari 75 negara di dunia. Kempanye bernama “Wanna go to McDonald’s?” atau dalam bahasa Indonesia, "Mau ke Mekdi?" (sebutan fans McDonald’s di Indonesia) yang merupakan kampanye yang dipersembahkan untuk para penggemar FIFA World Cup di seluruh dunia. Kampanye ini dimulai dengan peluncuran film pendek berdurasi 60 detik yang dibintangi oleh aktor kenamaan global dan tentunya juga penggemar berat McDonald's.


Pecinta Micky-D ini adalah Jason Sudeikis, aktor dunia peraih enam kali Emmy® Award, bintang TikTok #1 di dunia, Khaby Lame, selebriti K-pop ITZY, dan streamer Twitch Edwin Castro. Film ini menampilkan beragam hal yang kita bagikan sekaligus merayakan keberagaman penggemar McDonald's dan juga fans sepak bola. Disutradarai oleh peraih nominasi Academy Award® Darius Marder (Sound of Metal) dan pemenang Emmy® Award Alan Yang (Parks & Recreation, Master of None), film ini menampilkan 10 bahasa dan 4 dialek, serta mengambil gambar di 4 lokasi di seluruh dunia untuk memastikan setiap adegan terasa unik dan otentik bagi para penggemar yang diwakilinya. Film pendek ini mulai tayang pada Senin, 14 November jam 21:01 di kanal Youtube McDonald’s.


Film ini juga menjadi bagian dari sejarah McDonald’s dalam merayakan dan menghidupkan ragam keunikan budaya, tradisi dan citarasa di tiap negaranya, termasuk Indonesia. Di Indonesia, McDonald’s telah menyiapkan banyak program seru untuk para penggemar FIFA World Cup 2022 dimulai dengan meluncurkan menu snack terbaru yaitu Spicy Chicken McNuggets, mengeluarkan eksklusif merchandise berupa Food grade Snack Bowl, aktivitas Lucky GOL berhadiah untuk para pelanggan di beberapa restoran McDonald’s, dan juga kompetisi lainnya bekerja sama dengan partner dari McDonald’s. Selain itu, juga ada kegiatan Nonton Bersama FIFA World Cup QatarTM 2022 yang akan diselenggarakan di 60 restoran McDonald’s Indonesia di 20 kota mulai tanggal 20 November – 18 Desember 2022.


Menu terbaru yang terinspirasi dari salah satu menu favorit di McDonald’s yaitu Spicy Chicken McNuggets ini berupa potongan ayam tanpa tulang dengan sensasi rasa pedas. Menu ini dapat dibeli secara ala carte 6 pcs dengan harga mulai dari Rp 30.455,- belum termasuk pajak dan atau isian 11 pcs dengan harga mulai dari Rp 55.000,- sebelum pajak. Pelanggan juga berkesempatan untuk memiliki merchandise eksklusif dari McDonald’s, food grade Snack Bowl dalam bentuk bola. Merchandise ini dihadirkan dengan desain 6 negara favorit penggemar Piala Dunia yang dapat digunakan sebagai wadah makanan ringan atau snack. Food grade Snack Bowl ini diluncurkan dalam 3 periode dan tersedia di seluruh restoran McDonald’s. Yakni periode 1 mendapatkan Food grade Snack Bowl Brazil dan Mexico mulai tanggal 10 November 2022. Periode 2 mulai tanggal 17 November 2022 dengan pilihan negara Jerman dan Italia. Sedangkan untuk periode ke-3 dengan pilihan negara Argentina dan Uruguay mulai tanggal 24 November 2022.


Penawaran eksklusif ini dapat dinikmati oleh pelanggan sekaligus dalam satu paket, yaitu Paket Juara dan Paket Gol. Untuk Paket Juara terdiri dari 11 pcs Chicken McNuggets (Regular/Spicy), French Fries (L), 2 pcs Drink (L), dan Snack Bowl seharga Rp 132.000,- yang dapat dibeli melalui dine in, take away, dan drive thru. Sedangkan untuk Paket Gol terdiri dari 11 pcs Chicken McNuggets (Regular/Spicy), French Fries (L), Coke PET 1 lt, Snack Bowl seharga Rp 137.000,- yang hanya bisa dibeli melalui McDelivery Service, GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood.



“Momen FIFA World Cup QatarTM 2022 menjadi momen yang tepat bagi pelanggan McDonald’s untuk merasakan atmosfir keseruan Piala Dunia 2022. Kami sadar betul bahwa pada setiap pertandingan akan berakhir dengan berbagai macam momen, untuk itu kami berharap bahwa selalu akan ada McDonald’s di tiap momen itu. Kampanye 'Mau ke Mekdi' kami terjemahkan dengan berbagai program menarik sehingga membuat para pencinta bola dengan latar belakang apapun akan selalu kembali ke McDonald’s. Semua program yang kami lakukan ini adalah wujud dari komitmen McDonald’s untuk menghadirkan kegembiraan bagi para fans bola dan konsumen di restoran McDonald’s. Semoga pada setiap momen di Piala Dunia 2022, para pelanggan selalu punya tujuan yang sama selain fair game namun juga mengahabiskan waktu bersama ke McDonald’s,” ujar Caroline Kurniadjaja selaku Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia.


McDonald's juga menghadirkan aktivitas lainnya di restorannya. Yakni terdapat booth game Lucky GOL yang dapat dimainkan oleh pelanggan McDonald’s. Booth game ini tersedia di 10 restoran McDonald’s di 7 kota mulai tanggal 25 November hingga 18 Desember 2022. Pelanggan hanya perlu membeli Paket Juara untuk bermain tendang bola ke gawang pada booth game Lucky GOL dan berkesempatan mendapatkan hadiah berupa Merchandise eksklusif dari Coca-Cola atau menu McD. Juga ada Soccer Table yang dipasang di meja restoran McDonald’s yang bertujuan untuk pelanggan bermain bola jari sembari menikmati menu McDonald’s.


McDonald’s juga menghadirkan keseruan Piala Dunia melalui smartphone, dengan meluncurkan Game “Score & Win” yang tersedia di Aplikasi McDonald’s. Game ini ada mulai dari 18 November hingga 18 Desember 2022. Pemain game “Score & Win” ini berkesempatan memainkan adu penalti dengan menggunakan tim negara favorit dan menembakkan bola ke arah gawang yang telah dijaga oleh penjaga gawang, jika bola berhasil masuk maka pemain akan mendapatkan 1 poin. Pemain dinyatakan menang jika bisa mendapatkan poin sesuai target dan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Pemain akan mendapatkan hadiah dari McDonald’s jika menang dalam pertandingan pertama, lalu pemain juga bisa mendapatkan “Champion Rewards” dengan cara memenangkan 7 pertandingan yang terdiri dari 3 pertandingan grup, 1 pertandingan 16 besar, 1 pertandingan quarter final, 1 pertandingan semifinal dan 1 pertandingan final.