© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Renyahnya Bebek Pak Ndut

Penyuka bebek, akan sangat dimanjakan dengan berbagai tempat makan yang menjadikan bebek sebagai menu unggulannya. Bahkan brand tempat makan bebek pun semakin banyak dijumpai di Indonesia ini. Salah satunya adalah Bebek Pak Ndut yang sekarang outletnya makin banyak dan mudah ditemui di berbagai kota.

Bebek Sangan

Telah ada sejak 2008 di Solo, Jawa Tengah, brand Bebek Pak Ndut pun kian melebarkan sayapnya ke Jakarta dan juga Bogor. Setiap outletnya pun selalu saja ramai dikunjungi pembeli yang ingin menikmati olahan bebeknya yang variatif dan juga lezat.


Dari sekian banyak pilihan bebek yang ada, Bebek Sangan menjadi menu unggulan di tempat ini. Pilihan dada maupun pada bisa dijadikan pilihan yang bisa dipesan secara paket ataupun satuan. Sesuai namanya 'sangan' yang artinya digoreng tanpa menggunakan minyak, bebek ini pun diolah dalam wadah menyerupai wajan yang terbuat dari tanah liat. Sebelumnya, bebek sudah diungkep terlebih dulu menggunakan aneka bumbu rempah hingga menciptakan sajian bebek bercitarasa lezat. Tak heran juga jika daging bebek ini pun memiliki tekstur empuk dan lembut.


Bebek Sangan ini diberi sambal yang diletakkan di bagian atas bebek. Sambal merah ini memiliki citarasa cenderung manis dan sedikit pedas ini memadukan cabai dengan bawang merah dan kemangi. Selain terdapat sambal, bebek ini ditemani nasi putih, lalapan yang terdiri dari rebusan daun pepaya, kubis, tomat, timun, dan daun kemangi. Bebek istimewa ini pun disajikan menggunakan piring yang terbuat dari tanah liat.


Selain Bebek Sangan, Bebek Pak Ndut juga punya olahan bebek lainnya. Sebut saja Bebek Kremes yang disajikan dengan kremesan berwarna kuning di atas bebek, Bebek Srundeng yang ditambahi dengan taburan srundeng kelapa nan gurih, Bebek Goreng, hingga Bebek Remuk.

Bebek Goreng dan Bebek Remuk memiliki proses pemasakan yang hampir sama, yakni sama-sama digoreng menggunakan minyak. Keduanya pun memiliki tekstur kering dan renyah dengan warna kuning keemasan. Pembedanya adalah cara penyajiannya, dimana Bebek Goreng disajikan dalam keadaan dagingnya utuh. Sedangkan untuk Bebek Remuk, kondisi dagingnya sudah disuwir alias dalam keadaan remuk. Kedua bebek ini ditemani dengan sambal mentah yang diulek kasar bercitarasa pedas dan ditemani dengan lalapan.


Bebek Pak Ndut

Jl. Pemuda No. 9A, Bogor

0251 – 8327801